Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Alur Layanan Konsultasi dan Obat Gratis Melalui Telemedicine

Jika Anda terkonfirmasi positf Covid-19 dan masuk dalam kategori OTG atau gejala ringan, berikut alur untuk konsultasi dan mendapatkan obat gratis dari 11 telemedicine dan Kemenkes RI.
Meuthia Novianthree Nafasya
Meuthia Novianthree Nafasya - Bisnis.com 08 Juli 2021  |  12:09 WIB
Alur Layanan Konsultasi dan Obat Gratis Melalui Telemedicine
Ilustrasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) bekerja sama dengan 11 aplikasi telemedicine yang akan memberikan layanan konsultasi dan obat gratis untuk pasien terkonfirmasi Covid-19.

Dilansir dari akun twitter @KemenkesRI, 11 aplikasi platform telemedicine tersebut telah mulai diujicobakan di wilayah DKI Jakarya sejak Selasa, (6/7/2021).

“#Healthies, 11 platform telemedicine yang akan memberikan layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis bagi pasien Covid-19, mulai diujicobakan di wilayah DKI Jakarta pada Selasa 6 Juli 2021,” tulis @KemenkesRI seperti dilansir, Kamis (8/7/2021). 

Layanan telemedicine ini diperuntukkan bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri dengan dua kritera, yaitu orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan. Sementara itu, pasien dengan gejala sedang dan berat wajib dirujuk ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat. 

Jika Anda terkonfirmasi positf Covid-19 dan masuk dalam kategori OTG atau gejala ringan, berikut alur untuk konsultasi dan mendapatkan obat gratis dari 11 telemedicine dan Kemenkes RI:

1. Pasien melakukan tes PCR/swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes RI. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif Covid-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang biru) secara otomatis.

2. Untuk sementara, program ini hanya berlaku untuk area DKI Jakarta.

3. Pasien dapat melakukan konsultasi secara daring. Pasien dapat berkonsultasi dengan dokter disalah satu dari 11 platform layanan telemedisin secara gratis dengan klik link yang terdapat dalam pesan WA dari Kemenkes RI dan memasukan kode voucher di aplikasi yang telah dipilih. 

4. Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan bahwa Anda merupakan pasien program Kementerian Kesehatan RI.

5. Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isolasi mandiri (isoman), maka obat dapat ditebus dengan gratis. 

6. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma. 

7. Pasien harus mengirimkan resep digital berupa PDF atau screen capture yang dikeluarkan dari platform telemedisin serta kirimkan KTP dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju.

8. Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes sesuai dengan ketentuan.

9. Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman dari sicepat untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien. 

Obat dan vitamin yang ditanggung Kemenkes ada dua paket: 

1. Paket A untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) berisi multivitamin: C,D, E, dan Zinc-.

2. Paket B untuk pasien bergejala ringan berisi multivitamin: C,D, E, dan Zinc-, Azitromisin, Oseltamivir, dan Parasetamol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes telemedicine Obat Covid-19 isolasi mandiri
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top