Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Khasiat Kafein, dari Cegah Kanker, hingga Diabetes

Dari penelitian yang menganalisis hubungan antara asupan kafein dan risiko pengembangan batu ginjal terhadap 217.883 peserta, menunjukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak kafein memiliki risiko lebih rendah untuk terkena batu ginjal.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 30 Juli 2021  |  12:44 WIB
4 Khasiat Kafein, dari Cegah Kanker, hingga Diabetes
Kopi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Secangkir teh atau kopi dapat memberikan manfaat bagi Anda, terutama dalam menghindari penyakit.

Kafein adalah stimulan yang sering dikonsumsi di dunia, dikarenakan dapat meningkatkan kewaspadaan, mengurangi rasa lelah dan dapat meningkatkan konsentrasi dan lebih fokus. Namun selain dari keuntungan tersebut, kafein juga memiliki keuntungan di dalam bidang kesehatan.

Secara lebih rinci, berikut beberapa manfaat kafein bagi kesehatan secara keseluruhan, yang dilansir dari express yang telah dirangkum oleh Bisnis.com.

1. Kanker

Berdasarkan dari hasil penelitian, kafein dapat memberikan manfaat dalam mengurangi risiko kanker mulut dan tenggorokan. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan lebih dari 900.000 peserta, orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih dalam sehari 49 persen lebih rendah berisiko kematian yang disebabkan oleh kanker mulut, dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi atau hanya meminumnya sesekali.

Selain itu, orang yang mengonsumsi kafein juga mendapatkan perlindungan dari kambuhnya kanker payudara, pengurangan risiko kanker prostat, dan risiko kanker endometrium yang lebih rendah.

2. Diabetes tipe 2

Berdasarkan dari studi jangka panjang, menunjukan jika meningkatkan asupan kopi Anda lebih dari satu cangkir sehari selama empat tahun, maka dapat menurunkan risiko diabetes tipe dua sebesar satu persen. Studi ini menunjukkan bahwa mereka yang menurunkan konsumsi harian lebih dari satu cangkir kopi menunjukkan risiko 17 persen lebih tinggi.

Namun, alasan mengenai hal tersebut masih tidak jelas. Hal ini mungkin terjadi karena sensitivitas insulin yang lebih rendah, yang berarti tubuh tidak menggunakan insulin yang diproduksi secara efisien.

3. Stroke

Berdasarkan dari sampel penelitian lebih dari 34.000 wanita yang tidak memiliki riwayat penyakit kardiovaskular di Swedia, memiliki risiko 22 hingga 25 persen lebih rendah terkena stroke jika minum lebih dari satu cangkir kopi per harinya. Sedangkan jika tidak minum sama sekali maka risiko menderita stroke cukup meningkat.

4. Batu Ginjal

Dari penelitian yang menganalisis hubungan antara asupan kafein dan risiko pengembangan batu ginjal terhadap 217.883 peserta, menunjukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak kafein memiliki risiko lebih rendah untuk terkena batu ginjal. Namun penelitian ini masih belum banyak dilakukan, terutama dalam mengetahui hubungan antara batu ginjal dan konsumsi kafein.

Namun perlu diketahui bahwa mengonsumsi kafein juga memiliki risiko. Jika Anda memiliki kecanduan dengan kafein maka dapat memberikan manfaat yang berbahaya bagi tubuh Anda. Hal ini bisa seperti insomnia, depresi, dan beberapa bukti menunjukan hal tersebut dapat membahayakan masalah pada kesuburan pada wanita. Oleh karena itu, maka pastikan konsumsi kafein Anda agar tidak mengganggu kesehatan Anda dan tidak berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker kafein
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top