Ilustrasi sakit perut Blogdoctoroz.com/
Health

Waspada! Musim Hujan Picu Masalah Pencernaan, Ini Penyebabnya

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 3 Agustus 2021 - 10:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Musim hujan menyenangkan tapi juga membawa sejumlah penyakit, infeksi, dan alergi.

Sistem pencernaan sangat rentan pada musim hujan. Masalah lambung seperti keasaman, kembung, gangguan pencernaan, gastroenteritis, maag, dan Penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) menjadi umum saat musim hujan tiba

Dilansir dari indiaexpress, Selasa (2/8/2021) Ahli gastroenterologi Rumah Sakit Apollo Spectra, Mumbai, Dr Keyur Sheth mengatakan adanya lonjakan kasus penyakit pencernaan saat musim hujan.

“Kami selalu melihat lonjakan pasien dengan infeksi lambung, usus, dan hati selama musim hujan. Pasien tiba-tiba meningkat karena infeksi melalui makanan dan air,” ujarnya.

Dr Sheth menyebutkan bahwa secara global, penyakit GI (gastrointestinal) menular dan dehidrasi tetap menjadi penyebab utama kematian. Penyakit itu bertanggung jawab atas sekitar 4.50.000 kematian setaiap tahun.

Lebih dari 1.000 pasien datang ke rumah sakit setiap bulan untuk pengobatan masalah lambung. Makan makanan berat dapat memperlambat proses pencernaan yang mengundang masalah seperti kembung, gas, keasaman, dan gangguan pencernaan.

Dr Sheth meyebutkan jika konsumsi jus atau jajanan pinggir jalan dapat menyebabkan infeksi perut karena air yang digunakan untuk menyiapkannya mungkin mengandung bakteri. Minum air dari sumber lain selain dari botol tertutup dan pemurni air juga dapat membuat jatuh sakit dan mungkin menderita diare.

Direktur dan ahli gastroenterolog di Zen Multispeciality Hospital, Dr Roy Patankar mengatakan jika cuaca yang lembap saat musim hujan membuat seluruh sistem pencernaan menjadi lesu. Konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, racun, dan parasit tidak enak untuk sistem pencernaan.

Akhirnya, itu dapat menyebabkan gastroenteritis, yaitu infeksi usus yang juga dikenal sebagai keracunan makanan atau penyakit perut.

Banyak pasien mengeluh muntah, mual, gas, sembelit kronis, kolitis ulserativa, gastritis, dan masalah sensitivitas usus. Masalah GI cukup tinggi hampir kami temui karena sekitar 15 pasien setiap hari datang dengan pola tidur dan pola makan yang tidak teratur.

”Terlalu banyak stres tidak baik untuk sistem pencernaan Anda, jadi tetaplah bebas stres, dan berolahragalah di rumah setiap hari,” saran Dr Patankar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro