Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Makanan Ini dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, Alpukat sebenarnya telah dikenal untuk menurunkan sindrom metabolik pada orang dewasa
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 10 Agustus 2021  |  10:43 WIB
5 Makanan Ini dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda
Ilustrasi metabolisme tubuh

Bisnis.com, JAKARTA – Metabolisme pada dasarnya merupakan proses tubuh mengubah makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi energi.

Ketika Anda memiliki metabolisme yang lambat, Anda mungkin mengalami hal-hal seperti pertambahan berat badan, kelelahan atau kulit kering.

Ketika Anda memiliki metabolisme yang tinggi, pembakaran kalori di dalam tubuh terjadi lebih cepat, sehingga dapat membantu penurunan berat badan.

Laju metabolisme setiap orang berbeda-beda, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia dan susunan genetik yang tidak dapat Anda kendalikan.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat Anda kendalikan, seperti makanan yang Anda makan, yang dapat membantu Anda mencapai metabolisme yang lebih cepat dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.
 
Melansir Eat This, Selasa (10/8/2021), berikut lima makanan yang dapat meningkatkan metabolisme Anda, menurut Laura Burak MS, RD, Penulis Slimdown with Smoothies.
 
1. Telur

Protein sangat penting dalam hal meningkatkan metabolisme tubuh dan telur adalah salah satunya. Telur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kadar protein karena biasanya rendah lemak dan kalori.

Makanan kaya protein ini meningkatkan laju metabolisme Anda karena sesuatu yang disebut efek termal yang lebih tinggi. Tubuh Anda akan menggunakan lebih banyak energi untuk memproses protein dari telur, tetapi Anda juga akan merasa lebih sedikit lapar setelahnya.
 
2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah cara terpercaya untuk makan sehat saat Anda terburu-buru dan membutuhkan camilan cepat, dan mereka dikemas dengan manfaat meningkatkan metabolisme.
 
Burack mengatakan kacang atau biji-bijian tidak hanya menstabilkan gula darah dan menahan Anda di antara waktu makan, namun juga merupakan makanan portabel yang secara alami mengandung ketiga makro-karbohidrat, protein dan lemak.


 
Salah satu cara tercepat untuk memperlambat metabolisme Anda adalah dengan tidak makan cukup makanan sepanjang hari Anda, jadi memiliki kacang-kacangan atau biji-bijian di dekatnya untuk camilan adalah cara yang bagus untuk menjaga metabolisme Anda tetap tinggi.
 
3. Makanan pedas

Rempah-rempah dikenal sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah studi dari British Journal of Nutrition, rempah-rempah seperti jahe, lada hitam, mustard, dan lobak telah terbukti meningkatkan tingkat istirahat metabolisme kita. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa makanan pedas seperti saus pedas untuk sementara dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda karena capsaicin, bahan kimia yang ditemukan dalam cabai.
 
Burack merekomendasikan menggunakan saus pedas kapanpun Anda mau. "Ini tidak hanya rasanya lezat dan meningkatkan rasa makanan hambar, tetapi pada dasarnya tidak memiliki kalori untuk meningkatkan rasa dan kelezatan dalam hidangan Anda," katanya.
 
4. Air

Meski air secara teknis bukanlah makanan, air adalah salah satu komponen terpenting dalam meningkatkan dan mempertahankan tingkat metabolisme Anda. Air tidak hanya membantu Anda tetap kenyang dan menahan rasa lapar saat mengisi perut Anda. Tapi itu membantu dalam metabolisme, mencerna dan menyerap makanan Anda, dan menjaga buang air besar secara teratur.
 
5. Alpukat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, Alpukat sebenarnya telah dikenal untuk menurunkan sindrom metabolik pada orang dewasa, yang merupakan sekelompok kondisi seperti gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, dan gula darah tinggi yang meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.


 
"Alpukat membuat Anda kenyang dan puas, dan mereka penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan lemak yang menyehatkan jantung," kata Burack.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan Imunitas tubuh
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top