Ilustrasi/soultrainingacademy.com
Relationship

4 Tips Mindfulness untuk Pernikahan yang Lebih Sehat

Ni Luh Anggela
Selasa, 10 Agustus 2021 - 19:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –Mindfulness adalah kemampuan untuk tetap hadir sepenuhnya, sadar di mana kita berada dan apa yang kita lakukan dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar kita.

Menurut Jon Kabat-Zinn, Ph.D., seorang ahli biologi molekuler dan guru meditasi, mindfulness adalah “kesadaran yang muncul melalui perhatian, dengan sengaja, pada saat ini, tanpa menghakimi.”
 
Pikirkan betapa sibuknya hidup Anda. Antara pekerjaan, anak-anak, dan kewajiban lainnya, mudah untuk membiarkan pernikahan Anda masuk ke autopilot. Mindfulness memberdayakan Anda untuk menjadi lebih hadir dengan segala sesuatu dalam hidup Anda, termasuk hubungan Anda dengan pasangan atau pasangan Anda.
 
Berikut empat cara memiliki pernikahan yang lebih mindful dari Julie Potiker, ahli mindfulness dan penulis, melansir Pure Wow, Selasa (10/8/2021).
 
1.  Latih cinta dan kasih

Cinta dan kasih adalah dua landasan pernikahan yang bahagia. Potiker menyampaikan bahwa meditasi cinta kasih atau meditasi Metta, adalah praktik membuka hati Anda dan memusatkan perhatian pada kebaikan dalam diri Anda dan orang lain.

Olahraga, yang hanya memakan waktu 15 menit, mengharuskan diri Anda untuk menerima cinta Anda sendiri atau mengirimkannya ke dunia. Meditasi cinta kasih adalah salah satu bentuk meditasi paling fleksibel yang dapat kita praktikkan di mana saja, kapan saja, dan dengan kecepatan apa pun.
 
Pertama, mulailah dari diri Anda sendiri. Menggunakan diri Anda sebagai subjek, tunjukkan semua cinta dan perhatian Anda kepada diri sendiri. Setelah Anda menunjukkan cinta dan kebaikan pada diri sendiri (dengan mengatakan hal-hal seperti, "Saya layak", "Saya pantas mendapatkan hal-hal baik", dll), mulailah mengarahkan cinta dan kebaikan yang sama kepada orang lain, dalam hal ini, pasangan. Ulangi frasa yang sama, tetapi dengan pasangan Anda sebagai subjek daripada diri Anda sendiri.
 
2. Tuliskan tiga hal yang Anda syukuri tentang satu sama lain

Di tengah hiruk pikuk kehidupan, bisa jadi sangat mudah untuk menerima begitu saja pasangan Anda dan sebaliknya. Yang ini juga sangat sederhana.
 
“Luangkan beberapa menit untuk mengalihkan perhatian mindful Anda ke semua yang menakjubkan tentang pasangan Anda." kata Potiker.
 
Bahkan jika itu berarti membuka aplikasi catatan ponsel Anda dan mencatat beberapa hal yang Anda syukuri (dan kemudian membagikannya), itu adalah pengingat yang luar biasa dari semua hal indah yang Anda berikan untuk satu sama lain.
 
3. Dengarkan meditasi terpandu bersama

“Waktu mindful ini bermanfaat untuk bersantai bersama di malam hari,” kata Potiker kepada Pure Wow.
 
Meditasi terpandu ini membantu Anda mulai menjadi lebih sadar akan tubuh dan pernapasan Anda sambil duduk dalam posisi yang nyaman.
 
4. Lakukan hal-hal bersama yang membawa kegembiraan kalian masing-masing

Kegiatan ini tampaknya sederhana dalam teori tetapi terkadang menjadi sulit untuk dipraktikan. Potiker merekomendasikan untuk membuat daftar hal-hal kecil yang Anda berdua nikmati dan memilih satu untuk dilakukan bersama setiap hari, atau memilih akhir pekan untuk melakukan beberapa hal sekaligus.

Mindfulness adalah tentang hadir dalam hidup Anda secara individu dan bersama, jadi berusahalah untuk menutup semua kebisingan dan fokus pada apa yang paling penting bagi Anda sebagai pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro