Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Membedakan Gejala Covid-19 dan Efek Samping Vaksin

Berikut beberapa cara untuk membedakan gejala Covid-19 dengan efek vaksin agar tidak terjadi salah diagnosa.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 11 Agustus 2021  |  16:33 WIB
Ilustrasi wanita alami gejala awal Covid-19 - Freepik.com
Ilustrasi wanita alami gejala awal Covid-19 - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sudah terdapat banyak informasi yang menyebutkan tentang gejala ketika terpapar virus Covid-19. Namun, apakah Anda dapat segera membedaka gejala Covid-19 dengan efek samping setelah vaksinasi?

Virus Covid-19 memberi banyak dampak bagi kehidupan manusia. Virus ini dapat memengaruhi seseorang dengan infeksi ringan hingga sedang. Bukan itu saja, infeksi Covid-19 ke beberapa orang memungkinkan memicu ke penyakit parah.

Vaksin Covid memiliki peran penting sebagai bentuk usaha untuk mengurangi tingkat infeksi dan untuk mencegah masyarakat dari gejala yang parah. Meski demikian, vaksin Covid-19 dapat menyebabkan beberapa efek samping tertentu yang mungkin mirip dengan gejala Covid-19.

Melansir dari timesofindia.com, berikut beberapa cara untuk membedakan gejala Covid-19 dengan efek vaksin agar tidak terjadi salah diagnosa.

1. Gejala Covid-19
Seperti yang diketahui, virus Covid-19 menyebabkan infeksi ringan hingga sedang, bahkan dapat menyebabkan penyakit berat dengan risiko rawat inap. Mungkin terdapat beberapa yang tanpa bergejala, namun tetap bisa menjadi pembawa yang potensial.

Gejala Covid-19 yang umum dirasakan, antara lain demam, kelelahan, nyeri otot hingga kehilangan indra penciuman dan rasa (anosmia), serta gejala penyerta lainnya.

2. Efek Samping Vaksin
Selain penting untuk segera melakukan vaksinasi, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi beragam efek samping dari vaksin Covid-19

Efek samping vaksin yang dirasakan biasanya ringan dan tidak mengakibatkan komplikasi fisik. Efek samping paling umum yang dialami oleh masyarakat merupakan demam, kedinginan, kelelahan, nyeri sendi, sakit kepala dan di beberapa kasus, terdapat kemungkinan reaksi lain.

3. Mirip Gejala Covid-19
Perlu diingat, efek samping vaksin dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan infeksi Covid-19. Pasalnya, vaksin Covid-19 merupakan tiruan dari virus yang sebenarnya. Lalu, hal tersebut memicu respon imun yang mungkin menyerupai respon imun infeksi akibat Covid-19 dan kemudian menyebabkan beberapa gejala serupa di dalam tubuh.

Demam, kelelahan, kedinginan, nyeri sendi dan pusing kepala adalah beberapa efek samping yang menyerupai gejala Covid-19. Hal tersebutlah yang memungkinkan membingungkan beberapa orang hingga mengira bahwa mereka telah tertular dari virus Covid-19.

4. Cara Membedakan 
Dibandingkan dengan gejala Covid-19, efek samping vaksin berlangsung dalam waktu singkat dan hilang dalam kurun waktu 1-2 hari. Namun, jika efek samping tersebut terus berlanjut selama beberapa hari, bergegas untuk mengisolasi diri dan melakukan tes virus Covid-19.

Pembeda lainnya yaitu kehilangan indera penciuman dan batuk yang terus-menerus. Dua gejala tersebut merupakan gejala umum ketika terinfeksi virus Covid-19, tetapi tidak terjadi setelah vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksinasi Vaksin Covid-19 gejala covid-19
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top