Vaksin Moderna
Health

Studi: Tingkat Antibodi dapat Menentukan Efektivitas Vaksin

Ni Luh Anggela
Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tingkat antibodi merupakan prediktor yang baik untuk seberapa efektif vaksin COVID-19 Moderna Inc, menurut sebuah studi baru yang dirilis pada hari Selasa (10/8), sebuah temuan yang dapat membantu mempercepat uji klinis di masa depan untuk vaksin melawan penyakit tersebut.

Regulator saat ini mengandalkan studi terkontrol plasebo besar untuk menentukan apakah vaksin bekerja, tetapi penelitian, yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson, Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Moderna dan di tempat lain, menunjukkan bahwa mengukur tingkat antibodi pada penerima vaksin juga dapat menentukan efektivitas.
 
Studi, yang belum ditinjau sejawat, menemukan bahwa vaksin Moderna lebih efektif pada penerima vaksin dengan tingkat antibodi yang tinggi. Penerima ini juga melaporkan tingkat infeksi terobosan yang lebih rendah setelah divaksinasi.

Melansir USA Today dan The Straits Times, Rabu (11/8/2021), penelitian berlangsung dari Juli hingga Oktober 2020 dan melibatkan 30.415 peserta. Setengah menerima dua dosis vaksin Moderna, setengah menerima plasebo. Dari mereka, 1.051 penerima vaksin diukur antibodinya.

Dua jenis penanda diukur: antibodi penawar dan antibodi pengikat. Kedua jenis telah digunakan sebagai korelasi untuk perlindungan vaksin terhadap penyakit virus lainnya.
 
Penanda untuk netralisasi mengukur seberapa kuat antibodi memblokir virus dari menginfeksi sel. Penanda untuk antibodi pengikat mengukur berapa banyak antibodi yang menempel pada protein lonjakan.

“Bisa dibilang itu mengukur berapa banyak tentara yang melihat virus dan turun ke medan perang,” kata Peter Gilbert ahli biostatistik di Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson di Seattle, yang juga penulis studi tersebut.

Darah peserta diuji kadar penandanya dua kali, sekali setelah suntikan kedua vaksin COVID-19 Moderna dan satu lagi empat minggu kemudian.
 
Semakin tinggi jumlah antibodi peserta, semakin rendah peluang mereka untuk mendapatkan COVID-19. Itu berlaku untuk semua penanda antibodi di kedua titik waktu.
 
Efeknya berlangsung selama empat bulan setelah dosis kedua vaksin. Ini mungkin berlangsung lebih lama tetapi penelitian ini masih berlangsung. Penelitian di masa depan akan melihat apakah tingkat antibodi yang lebih rendah sesuai dengan kasus COVID-19 yang lebih parah dan apakah ada korelasi antara usia atau masalah kesehatan.

Penting untuk diingat bahwa tingkat antibodi yang diukur mungkin tidak mewakili semua yang melindungi orang dari virus, kata Dr Jesse Goodman, seorang profesor kedokteran dan penyakit menular di Universitas Georgetown, yang tidak berafiliasi dengan penelitian.

"Tingkat antibodi mungkin berkurang tetapi aspek lain dari sistem kekebalan, yang tidak dilaporkan dalam penelitian ini, seperti sel T dan sel B memori, berpotensi masih membantu memberikan perlindungan substansial terhadap penyakit, dan terutama terhadap hasil yang parah," katanya.
 
Karena itu, masih tidak mungkin untuk mengatakan bahwa berkurangnya antibodi benar-benar dapat memprediksi risiko. Studi yang mengevaluasi perlindungan klinis aktual dan seberapa baik korelasinya dengan tingkat antibodi masih diperlukan, katanya.

Data serupa baru-baru ini diterbitkan oleh Universitas Oxford di Inggris tentang vaksin AstraZeneca dan di Israel tentang vaksin Pfizer. Dalam kedua studi, tingkat antibodi yang lebih tinggi berhubungan dengan tingkat penyakit yang lebih rendah.

Sementara mereka menggunakan tes yang berbeda untuk mengukur tingkat, mereka adalah bukti hubungan yang kuat antara antibodi dan perlindungan.

Dikombinasikan dengan data tentang vaksin Pfizer/BioNTech dan AstraZeneca, Gilbert mengatakan ada "akumulasi bukti yang konsisten" yang menunjukkan bahwa antibodi dapat digunakan sebagai penanda alternatif untuk kemanjuran vaksin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro