Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fakta-fakta Tentang Friday The 13th yang Mengumbar Ketakutan

Ketakutan pada hari Jumat tanggal 13 juga disebut friggatriskaidekaphobia atau paraskevidekatriaphobia. Mitosnya, jika seseorang mengatakan itu 10 kali dengan sangat cepat akan ada hal buruk menimpanya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 Agustus 2021  |  14:37 WIB
Fakta-fakta Tentang Friday The 13th yang Mengumbar Ketakutan
Friday the 13th
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini merupakan hari Jum'at tanggal 13.

Jumat tanggal 13 dianggap oleh banyak orang sebagai hari paling sial dalam kalender Gregorian. Hari dan tanggal ini banyak dikaitkan dengan mitos dan misteri yang terjadi di masyarakat.

Benarkah itu? Berikut adalah 13 fakta tentang hari yang bereputasi buruk ini.

1. Tidak Jelas Mengapa Ditakuti

Sangat sedikit yang diketahui tentang asal-usul ketenaran hari itu. Beberapa sejarawan percaya bahwa takhayul di sekitarnya muncul pada akhir abad ke-19. Penyebutan hari pertama yang didokumentasikan dapat ditemukan dalam biografi komposer Italia Gioachino Rossini, yang meninggal pada hari Jumat tanggal 13. Sebuah buku tahun 1907, Friday the Thirteenth, oleh pengusaha Amerika Thomas Lawson, mungkin telah lebih jauh mengabadikan takhayul.

Yang lain percaya bahwa mitos itu berasal dari Alkitab. Yesus disalibkan pada hari Jumat, dan ada 13 tamu pada Perjamuan Terakhir pada malam sebelum penyaliban-Nya.

Catatan lain menunjukkan bahwa hari itu telah dikaitkan dengan kemalangan sejak 1307 ketika pada hari Jumat tanggal 13, raja Prancis memberi perintah untuk menangkap ratusan Ksatria Templar di Prancis.

2. Mengumbar Ketakutan

Ketakutan pada hari Jumat tanggal 13 juga disebut friggatriskaidekaphobia atau paraskevidekatriaphobia. Mitosnya, jika seseorang mengatakan itu 10 kali dengan sangat cepat akan ada hal buruk menimpanya.

Friggatriskaidekaphobia berasal dari Frigg, dewi kebijaksanaan Norse yang dinamai Jumat, dan kata Yunani triskaideka, yang berarti 13, dan fobia, yang berarti ketakutan. Paraskevidekatriaphobia juga berasal dari bahasa Yunani: paraskevi diterjemahkan sebagai Jumat, dan dekatria adalah cara lain untuk mengatakan 13.

3. Paranoid angka 13

Para ahli mengatakan bahwa friggatriskaidekaphobia mempengaruhi jutaan orang dan memperkirakan bahwa bisnis, terutama maskapai penerbangan, menderita kerugian parah pada hari Jumat tanggal 13.

Triskaidekaphobia, atau ketakutan akan angka 13, bahkan lebih meluas. Sedemikian rupa sehingga banyak gedung tinggi, hotel, dan rumah sakit tidak memiliki lantai 13, dan banyak bandara tidak memiliki gerbang bernomor 13. Di banyak bagian dunia, memiliki 13 orang di meja makan dianggap sial.

4. Bisa ada tiga Friday the 13th dalam Setahun

Sedikit kabar buruk bagi Anda semua yang menderita friggatriskaidekaphobia—sepanjang tahun akan ada setidaknya satu hari Jumat tanggal 13. Kabar baiknya adalah bahwa tidak boleh ada lebih dari tiga hari Jumat tanggal 13 dalam tahun kalender tertentu.

5. Kaitan dengan hari minggu

Selama sebulan untuk memiliki hari Jumat tanggal 13, bulan itu harus dimulai pada hari Minggu. 2021 akan memiliki satu hari Jumat tanggal 13—pada bulan Agustus.

6. Pola Friday the 13th di Kalender

Ada metode kalender untuk Friday the 13th. Setiap kali tahun biasa dimulai pada hari Kamis, bulan Februari, Maret, dan November akan memiliki hari Jumat tanggal 13. Ini akan terjadi 11 kali di abad ke-21.

7. Bisa terjadi Bahkan Selama Tahun Kabisat

Tiga hari Jumat tanggal 13 juga dapat terjadi pada tahun kabisat. Jika tanggal 1 Januari tahun kabisat jatuh pada hari Minggu, bulan Januari, April, dan Juli masing-masing akan memiliki hari Jumat tanggal 13.

8. Tokoh yang lahir di Friday 13th

Selebriti dan tokoh terkenal lainnya yang lahir pada hari Jumat tanggal 13 termasuk aktor Mary-Kate dan Ashley Olsen; novelis dan dramawan, Samuel Beckett; dan mantan Presiden Kuba, Fidel Castro.

9. Ini Hari yang Tidak Beruntung Hanya untuk Beberapa Orang

Jumat tanggal 13 tidak secara universal dilihat sebagai hari kesengsaraan. Misalnya, di Italia, Jumat tanggal 17 dan bukan Jumat tanggal 13 dianggap sebagai hari yang membawa sial. Faktanya, angka 13 dianggap sebagai angka keberuntungan!

Di banyak negara berbahasa Spanyol dan di Yunani, Selasa tanggal 13 dipandang sebagai hari kemalangan.

10.  Hasil Penelitian

Sangat sedikit bukti yang menunjukkan bahwa Jumat tanggal 13 memang hari sial. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa Jumat tanggal 13 memiliki sedikit atau tidak ada efek pada peristiwa seperti kecelakaan, kunjungan rumah sakit, dan bencana alam.

11. The Day Inspired Salah Satu Seri Film Friday the 13 th Berpenghasilan Tertinggi

Perusahaan Friday the 13th yang sukses secara komersial mencakup 12 film horor, serial televisi, dan beberapa buku yang berfokus pada kutukan dan takhayul. Meskipun film dan serial televisi secara konsisten menerima ulasan negatif dari para kritikus, mereka memiliki banyak pengikut. Topeng yang dikenakan oleh karakter kunci dalam film, Jason Voorhees, adalah salah satu gambar paling terkenal dalam budaya populer.

12. Negara yang Meningkatkan Kesadaran Keselamatan dan Kecelakaan selama Friday the 13th

Sejak 1995, Finlandia telah mendedikasikan satu hari Jumat tanggal 13 dalam setahun untuk memperingati Hari Kecelakaan Nasional. Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang keselamatan—di jalan, di rumah, dan di tempat kerja.

13. Sebuah Asteroid Akan Terbang Melewati Bumi pada Friday the 13th 2029

Pada hari Jumat tanggal 13! Jumat, 13 April 2029, tepatnya. Ketika 99942 Apophis ditemukan pada tahun 2004, diperkirakan memiliki kemungkinan kecil untuk bertabrakan dengan Bumi. Tapi Anda bisa tenang karena sejak saat itu, para ilmuwan telah merevisi temuan mereka yang menunjukkan bahwa sama sekali tidak ada risiko asteroid menabrak Bumi atau Bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

horor kalender festival
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top