Sang Pencerah
Entertainment

6 Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton pada 17 Agustus, dari Sang Pencerah Hingga 5 Cm

Ayyubi Kholid Saifullah
Senin, 16 Agustus 2021 - 14:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 17 Agustus sudah tinggal menghitung jam. Sebentar lagi bangsa Indonesia akan segera merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Perayaan sakral ini biasanya dilakukan dengan mengadakan upacara pengibaran bendera berbagai perlombaan untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang gugur.

Selain itu, kita juga dapat merayakan 17 agustus dengan menonton film yang menceritakan nilai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan untuk meningkatkan nilai-nilai kebangsaan kita.

Ada banyak sekali kisah perjuangan para pahlawan Republik Indonesia yang kerap diabadikan dalam bentuk film.

Berikut 5 film yang bisa ditonton untuk merayakan 76 tahun Indonesia merdeka

1. Merah Putih (2009)

Film yang mengisahkan para pemuda dari berbagai suku yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Tanah Air Indonesia. Berlatar belakang tahun 1947, Merah Putih adalah bagian pertama dari rangkaian film "Trilogi Merdeka" yang terdiri dari sekuel selanjutnya "Darah Garuda" pada 2010 dan "Hati Merdeka" 2011.

2. Sang Pencerah (2010)

Film ini bercerita tentang seorang tokoh agama dan pahlawan, Kyai Haji Ahmad Dahlan yang disutradarai langsung oleh Hanung Bramantyo. Saat itu, Kyai Haji Ahmad Dahlan yang baru pulang dari Mekkah melihat warga kampungnya mengamalkan ajaran agama yang keliru. Beliau dan teman-temannya memulai dengan membenarkan arah kiblat.

Melalui film sejarah Indonesia yang satu ini, penonton akan diajarkan dan dapat memetik nilai-nilai tentang toleransi dan semangat perjuangan untuk melepaskan diri dari penjajahan serta penindasan.

3. Soekarno : Indonesia Merdeka (2013)

Film ini menceritakan seorang anak kecil yang bernama kusno. Karena sering sakit-sakitan, orang tua nya mengganti namanya menjadi Soekarno.

Dalam film ini, Soekarno akan tampil denhan pidato-pidato nya yang menundang semangat salah satunya adalah "Indonesia Menggugat"

Film yang dikisahkan dengan sangat detail. Peristiwa masa-masa pengasingan Soekarno, sampai dengan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang mengharukan.

4. Kartini (2017)

Salah satu sosok pahlawan perempuan Indonesia, yang namanya tidak akan pernah hilang dalam dunia pendidikan. Pengaruhnya terhadap peran perempuan dalam pendidikan membuat namanya akan selalu dikenang sebagai salah satu inspirasi bagi kaum wanita dalam berjuang atas hak-haknya.

5. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018)

Film bergenre kolosan, menampilan sosok sultan agung yang terkenal ambisius dan berani dalam keputusannya untuk menyerang VOC di batavia.

Tidak hanya mengisahkan tentang perjuangan. Namun film ini juga mengisahkan kisah cinta dari Sultan Agung yang harus mengorbankan cinta sejatinya dengan lembayung karena terpaksa menikahi perempuan ningrat yang bukan pilihannya.

6. 5 Cm

Film 5 cm merupakan film tentang persahabatan dan pendakian gunung tertinggi di Jawa, serta film tersebut yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul serupa dan dirilis pada 12 Desember 2012 silam.

Pemeran film 5 cm, diantaranya ada Genta Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Herjunot Ali sebagai Zafran, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian dan Pevita Pearce sebagai Dinda.

Film 5 cm yang menceritakan tentang lima sahabat mencoba mencari tahu apa sebenarnya persahabatan itu dengan mendaki Gunung Semeru, puncak tertinggi di Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro