Ilustrasi serangan jantung
Health

Mengenal Penyakit Jantung Bocor dan Penyebabnya

Newswire
Minggu, 22 Agustus 2021 - 07:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jantung bocor merupakan istilah yang umum dipakai masyarakat dalam menyebut kelainan katup jantung atau masalah sekat jantung.

Pada orang dewasa, kondisi ini terjadi karena salah satu katup jantung tidak bisa menutup dengan baik. Sementara pada anak-anak, penyakit ini disebabkan oleh lubang antara dinding ruang kiri dan kanan jantung yang tidak menutup dengan sempurna.

Dilansir Tempo.co pada Sabtu (21/8/2021) yang mengutip dari jurnal.fk.unand.ac.id, ada beberapa faktor paling umum yang bisa mempengaruhi terjadinya kondisi ini, faktor-faktor tersebut antara lain akibat merokok pada keadaan hamil.

Para ibu yang memiliki kebiasaan merokok selama masa kehamilan akan berpotensi menghasilkan penyakit jantung bawaan bagi si jabang bayi, salah satu jenis penyakit jantung bawaan tersebut yang dikenal istilah jantung bocor.

Selain itu, karena kelainan genetik. Seorang anak yang terlahir dengan kelainan genetik berbeda, sering mempunyai penyakit jantung bawaan.

Terlebih lagi, peran keluarga sangat menentukan terjadinya keadaan ini. Bila orang tua memiliki penyakit jantung bawaan, maka sang anak bisa saja mengidap kondisi kesehatan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro