Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Datangkan Barrack Obama dan Valdimir Putin, Ini Pengakuan Agan Harahap

Belum lama ini, Agan Harahap kembali membuat karya yang menjadi perhatian publik. Pria kelahiran 1980 ini, menyunting foto UMKM dan menambahkan beberapa pesohor di gambar tersebut.
Crysania Suhartanto
Crysania Suhartanto - Bisnis.com 23 Agustus 2021  |  19:51 WIB
Manipulasi foto karya Yohanes Paganda Halasan Harahap, Sumber: aganharahap
Manipulasi foto karya Yohanes Paganda Halasan Harahap, Sumber: aganharahap

Bisnis.com, JAKARTA - Yohanes Paganda Halasan Harahap, terus menyampaikan aspirasi, kritik, hingga keresahan sosial melalui panggung manipulasi foto.

Dengan menggunakan kepiawaian menyunting sebuah foto, pria yang sering dipanggil Agan Harahap, berhasil membuat warganet geleng-geleng dan tersenyum simpul.

Belum lama ini, Agan kembali membuat karya yang menjadi perhatian publik. Pria kelahiran 1980 ini, menyunting foto UMKM dan menambahkan beberapa pesohor di gambar tersebut.

Sebut saja, seperti Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama yang sedang minum kelapa muda, penyanyi Billie Eilish yang sedang berkendara di depan warung makan, hingga Presiden Rusia Vladimir Putin yang sedang berpose di depan kios pangkas rambut.

Agan menceritakan, dirinya mencetak foto hasil suntingannya dan membagikan kepada pemilik usaha yang bersangkutan. Lalu, menggungah hasil karyanya ini ke Instagram.

"Kebaikan para pedagang di sekitar rumah saya, menginspirasi, sehingga membuat saya belajar hal-hal kecil atas kebaikan mereka," ujarnya, dalam program Voice of Karet di siniar Broadcash, Senin (23/8/2021).

Hal ini sontak mendapatkan perhatian dari warganet. Banyak netizen yang mengapresiasi karya seni tersebut, bahkan beberapa diantaranya ingin diangkat sebagai muridnya.

Agan mengaku, karya-karya tersebut ia buat tanpa perencanaan. Ide yang terlintas di benaknya langsung ia lakukan pada saat itu juga.

Pria berdarah Batak ini menyatakan bahwa, ia tidak pernah mendapatkan protes dari warganet ataupun tokoh yang ia sunting.

“So far, ga pernah [mendapatkan protes], paling cuma sekedar DM [direct message] atau comment-comment. Lagipula saya menipu untuk mencerdaskan bangsa” selorohnya.

Untuk menghindari adanya protes ataupun gugatan, Agan mengaku selalu melakukan riset sebelum membuat sebuah karya. Oleh karena itu, walaupun ada orang yang tersinggung, Agan merasa bahwa masih berada di zona aman aman.

Seniman digital sekaligus fotografer ini juga menyatakan terys berupaya memposisikan diri sebagai tokoh yang subjek yang dimanipulasi gambarnya.

Agan juga mempertimbangkan apakah tokoh tersebut akan tersinggung, karya tersebut akan dimengerti sebagai candaan, atau memang serius dan dapat dianggap menghina.

Selain itu, Dirinya juga berharap agar konten menjadi bermanfaat bagi penikmat karyanya. Agan mencontohkan kewat satu karyanya, foto Habib Rizieq dan Basuki Tjahaja Purnama bersalaman.

Foto ini, menjadi salah satu manipulasi foto yang cukup kontroversial. “Oh ini memang editan, tapi itu harapan gue, [mereka beneran] jadi temenan,” tambahnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

seni rupa seniman
Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top