Saskara
Fashion

Purak Barik, Mukena dengan Motif Seni, Budaya, dan Kekayaan Hayati Nusantara

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 25 Agustus 2021 - 19:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Brand fashion SASKARA meluncurkan mukena seri pertama Nusantara Purak Barik. Seri ini terinspirasi dari keragaman seni, budaya, dan kekayaan hayati Nusantara.

Koleksi baru SASKARA ini diluncurkan bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76. Koleksi Purak Barik merupakan bagian dari 34 seri Nusantara yang akan dikeluarkan Saskara.

CEO SASKARA, Andya Kartika, menjelaskan, dalam rangka melestarikan kebudayaan Indonesia, pihaknya membuat mukena seri Nusantara. Filosofi Purak Barik diambil dari salah satu nama gerakan berpindah tempat burung Enggang yang terlukis dalam ciri khas tarian Suku Dayak.

"Mukena adalah budaya asli Indonesia, dimana budaya ini tercipta pada saat masuknya Islam ke Nusantara. Untuk itu seri mukena yang diluncurkan mengacu pada budaya yang ada di Nusantara”, kata Andya Kartika dalam keterangan tertulisnya.

Seri Purak Barik hadir dengan tiga pilihan warna (Black Onyx, Alabaster Gleam, dan Peach skin), sajadah berukuran kecil dan pouch unik bermotif penari dan burung Enggang. Seri ini tetap mempertahankan ciri khas SASKARA dimulai dari pemilihan kualitas bahan, personalisasi nama pada pouch, dan tetap berukuran compact.

Purak Barik, kata Kartika, menjadi koleksi khusus Nusantara yang terinspirasi dari provinsi termuda (ke-34) di Indonesia, Kalimantan Utara.

"Kami berharap dengan koleksi Purak Barik ini membuat pengguna mukena SASKARA bisa mengenal kembali kekayaan kebudayaan Indonesia" harap Kartika

Kartika menambahkan, tanggal 17 Agustus dipilih sebagai peluncuran Purak Barik bertujuan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia. Peluncuran Purak Barik ditandai dengan launchingnya produk tersebut di website SASKARA, www.saskara.co.id. "SASKARA meluncurkan produk Purak Barik di tanggal tersebut untuk mengingatkan kembali keberagaman dan kekayaan budaya di Indonesia," jelas Kartika.

Setelah Purak Barik, SASKARA akan meluncurkan 33 seri lainnya, yang berasal dari provinsi di Indonesia. Pemilihan motif, warna, dan bahan menjadi pembeda setiap seri yang diluncurkan.

SASKARA adalah brand fashion khusus alat ibadah, seperti mukena, sajadah, scarves, dan sarung. SASKARA yang didirikan Andya Kartika pada Desember 2018 ini merupakan satu-satunya brand di Indonesia yang fokus pada pembuatan alat ibadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro