CEO Apple Tim Cook memperkenalkan jam tangan pintar terbaru Apple yang diluncurkan di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, AS, Rabu (12/9)./Reuters-Stephen Lam
Fashion

Cara Aman Pakai Apple Watch Cegah Iritasi

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 6 September 2021 - 09:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Penggunaan Apple Watch diklaim dapat menyebabkan luka bakar dan reaksi aneh pada pergelangan tangan beberapa penggunanya.

Stoogenke dari Action 9 melakukan riset dan menemukan bahwa 18 keluhan serupa yang diajukan ke catatan Komisi Keamanan Produk Konsumen.

Keluhan itu menyatakan bahwa Apple Watch menyebabkan lepuh, luka bakar, bagian kulit, mengelupas, warna merah melingkar kulit tangan, ruam, kering, gatal dan kulit iritasi.

Dilansir dari phonearena, Minggu (5/9/2021) WABC-TV New York City memuat cerita tentang seorang wanita yang mengklaim bahwa Apple Watch-nya membakar pergelangan tangannya setelah memanas. Meskipun Apple menguji arloji dan menemukan jika bahan yang digunakan tidak menyebabkan cedera, perusahaan tetap memberi pemilik arloji pengembalian dana penuh.

Meskipun tidak disebutkan lebih jelas penyebab korban karena memakai perangkat tersebut, tetapi Apple mengatakan bahwa mungkin ada potensi kepekaan kulit. Misalnya, alergi pada paparan iritasi seperti sabun atau keringat, atau faktor lingkungan.

Untuk menghindari ruam atau bilur, Apple menyarankan agar menjaga kulit tetap bersih dan kering, dan berhati-hatilah saat menggunakan tali jam untuk Apple Watch yang dibuat oleh produsen pihak ketiga. Pastikan saat mengenakan jam tangan, talinya tidak terlalu kencang atau terlalu longgar.

Dr. Steven Feldman, dokter kulit dari Atrium Health Wake Forest Baptist di Winston-Salem, mengatakan bahwa salah satu pasiennya mengalami ruam kulit setelah menggunakan Apple Watch. Adapun, reaksi seperti itu jarang terjadi.

"Saya pikir ini adalah fenomena yang tidak biasa, saya tidak akan mempermasalahkannya ketika saya memutuskan jenis jam tangan apa yang akan saya beli," katanya.

Dr. Feldman dan seorang mahasiswa kedokteran bekerja sama untuk menulis makalah tentang reaksi yang mereka lihat terhadap Apple Watch. Mereka menemukan bahwa banyak jam tangan pintar, termasuk Apple Watch, mengandung nikel yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Tali jam kemungkinan terbuat dari polimer sintetis yang menciptakan lebih banyak gesekan.

Dr. Feldman mengatakan bahwa mengingat jam tangan dan tali jam akan menggosok kulit sepanjang hari, jadi penting mengetahui bahan apa yang digunakan dan apakah Anda alergi terhadapnya. Jika yakin ada sesuatu yang salah dengan perangkat tersebut, Anda dapat melaporkannya ke produsen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro