Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suplemen Penting yang Dibutuhkan untuk Kekebalan Tubuh

Hingga 15% dari kita tidak mendapatkan C yang cukup, menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional CDC.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 07 September 2021  |  10:00 WIB
Suplemen Penting yang Dibutuhkan untuk Kekebalan Tubuh
Vitamin C
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Para peneliti menemukan bahwa banyak orang dewasa tidak mendapatkan asupan Vitamin A, C dan D yang cukup. Temuan ini berdasarkan hasil penelitian terbaru di University of Illinois.

Ini bukan berarti Anda harus mulai mengonsumsi multivitamin dan suplemen sebagai pengganti. Karena, yang terbaik adalah mendapatkan nutrisi dari makanan utuh.

Berikut adalah beberapa vitamin yang paling dibutuhkan terutama saat pandemi seperti saat ini :

1. Vitamin D

Hingga 70% dari kita tidak mendapatkan cukup vitamin D.

Vitamin yang dijuluki sinar matahari ini, sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi, dan menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

Tubuh kita memang memproduksi beberapa D saat terkena sinar matahari, tapi biasanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Cara mendapatkannya: konsumsi telur utuh, minyak ikan, dan ikan seperti herring, halibut, salmon, mackerel, atau tuna. Makanan yang diperkaya seperti susu, sereal sarapan dan yogurt juga kaya akan D.

2. Vitamin B12

Penting untuk produksi sel darah merah, saraf dan DNA, B12 juga memainkan peran penting dalam produksi energi. Ini ditemukan di seluruh sumber makanan seperti daging, telur dan susu yang diperkaya.

Sayur-sayuran tidak mengandung B12, jadi jika Anda mengikuti diet vegetarian atau vegan, Anda mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin tersebut.

Cara mendapatkannya: Daging sapi (selalu makan rumput), ayam, makanan laut, produk susu, dan telur. Menurut USDA, makanan dengan kadar B12 tertinggi adalah daging sapi, kerang, dan domba.

3. Vitamin A

Vitamin A penting untuk fungsi sistem kekebalan yang tepat, pertumbuhan dan perbaikan jaringan, dan kekuatan tulang.

Cara mendapatkannya: Menurut USDA, makanan dalam 10 besar sumber A tertinggi adalah daging sapi, daging sapi muda, ubi jalar, dan wortel. Laporan Diet dan Nutrisi CDC menambahkan bahwa minyak hati ikan, hati, kuning telur, mentega dan krim dikenal karena kandungan vitamin A yang lebih tinggi.

4. Vitamin C

Hingga 15% dari kita tidak mendapatkan C yang cukup, menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional CDC.

Ini mungkin tidak mencegah pilek, tetapi C adalah antioksidan kuat dan sangat penting untuk tendon kulit dan pembuluh darah yang sehat. Dalam studi University of Arizona yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism, para peneliti menemukan bahwa kadar vitamin C memengaruhi oksidasi lemak selama berolahraga, dan mengutip survei yang menunjukkan kadar C memiliki hubungan langsung dengan lemak tubuh dan ukuran pinggang. (Tapi jangan gunakan itu sebagai alasan untuk menjadi gila-C: dosis besar tidak efektif dan mungkin beracun.)

Cara mendapatkannya: Jeruk dianggap sebagai standar emas, tetapi lebih banyak makanan yang lebih kaya vitamin: Paprika merah memiliki hampir empat kali C jeruk! Juga sumber yang baik: Chili, brokoli, kubis brussel dan stroberi. Vitamin C juga membuat kulit Anda lebih kencang dan terlihat lebih muda.

5. Kalium

Hanya 4,7% orang Amerika yang mengonsumsi potasium yang cukup, demikian temuan para peneliti dari University of Illinois. Anda sebaiknya mendapatkannya karena mineral sangat penting dalam menjaga kesehatan fungsi jantung dan ginjal. Nutrisi juga membantu meratakan perut Anda dengan dua cara: Anda pulih setelah berolahraga, dan membantu tubuh mengeluarkan air dan natrium, mengurangi perut kembung.

Cara mendapatkannya: Tambahkan pisang, alpukat, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau ke daftar belanjaan Anda. Menurut USDA, makanan tertinggi kalium adalah molase, jika itu selai Anda. Dan untuk melewati pandemi ini dengan kondisi sehat Anda, jangan lewatkan 35 Tempat yang Kemungkinan Besar Anda Terjangkit COVID ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin pandemi corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top