Ilustrasi tidur siang
Health

Bangun Tidur, Tapi Masih Merasa Lelah. Ini 10 Penyebabnya

Annasa Rizki
Senin, 13 September 2021 - 22:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lelah atau letih sering dirasakan oleh banyak orang setiap harinya, baik remaja, dewasa, bahkan orang tua. Kelelahan merupakan gejala umum beberapa penyakit, namun kebanyakan kasus disebabkan oleh gaya hidup.  

Merasa terlalu lelah mungkin terkait dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Selain itu, stres berlebih akan meningkatkan rasa lelah.   

Kabar baiknya, keluhan cepat merasa lelah ini dapat diatasi dengan mudah. Bagi anda yang cepat merasa lelah, simak 10 gaya hidup yang bisa dihindari penyebab kelelahan.  

  1. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat

Karbohidrat yang dikonsumsi akan menjadi gula sebagai bahan pembentukan energi dalam tubuh. Namun, konsumsi karbohidrat terlalu banyak akan menyebabkan rasa lelah karena tubuh sibuk mengolah karbohidrat.  

Mengganti sumber energi dari olahan karbohidrat dan gula menjadi sayuran dan kacang-kacangan akan membantu menjaga kadar gula dalam darah sehingga tidak akan merasa cepat lelah.  

  1. Kurang aktivitas/kurang bergerak 

Para kaum rebahan sebaiknya segera mencari aktivitas agar terhindar dari kelelahan. Meskipun banyak yang memberikan pernyataan ia terlalu lelah untuk bergerak.  

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat mengurangi kelelahan pada orang yang sehat dan penderita penyakit lain, seperti kanker. Tak harus olahraga berat, aktivitas berjalan kaki pun dapat meminimalkan kelelahan.  

Untuk meningkatkan energi, ganti perilaku ‘mager’ dengan yang aktif. Misalnya, lebih baik berdiri daripada duduk bila memungkinkan, naik tangga daripada lift, dan berjalan kaki daripada mengemudi untuk jarak dekat.  

  1. Kualitas Tidur Kurang Baik  

Tidur yang tidak cukup atau berkualitas buruk adalah penyebab umum kelelahan. Isi ulang energi tubuh dapat melalui tidur yang cukup serta tanpa gangguan. Sehingga pada siang hari tubuh akan terasa berenergi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Melansir dari Healthline, Senin (13/9/2021) menurut American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society orang dewasa membutuhkan jam tidur rata-rata tujuh jam sehari untuk kesehatan yang optimal. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah tidur harus nyenyak dan tidak terganggu untuk memungkinkan otak  melewati semua lima tahap dari setiap siklus tidur. 

Selain tidur pada malam hari, tidur siang yang cukup juga dapat mengembalikan energi. Untuk meningkatkan kualitas tidur, tidurlah pada waktu yang sama setiap malam, rileks sebelum tidur, dan lakukan banyak aktivitas di siang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro