Lelah/boldsky.com
Health

Bangun Tidur, Tapi Masih Merasa Lelah. Ini 10 Penyebabnya

Annasa Rizki
Senin, 13 September 2021 - 22:00
Bagikan

Begadang dan Kurang Kalori

  1. Alergi Makanan

Orang yang memiliki alergi terhadap makanan akan lebih mudah merasa lelah karena rendahnya energi dalam tubuh. Alergi makanan yang umum yaitu gluten, susu, telur, kedelai, dan jagung. 

 Untuk mengatasi hal ini, dapat konsultasi dengan dokter gizi atau ahli diet agar dapat menentukan jenis makanan yang tidak menyebabkan masalah 

  1. Kurang Konsumsi Kalori

Tubuh membutuhkan jumlah kalori minimum untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Mengonsumsi terlalu sedikit kalori dapat menyebabkan kelelahan dan mempersulit pemenuhan kebutuhan nutrisi harian, yaitu 1,200 kalori per hari.  

Ketika makan terlalu sedikit kalori, metabolisme tubuh akan melambat untuk menghemat penggunaan energi, sehingga berpotensi menyebabkan kelelahan. 

  1. Begadang  

Kebiasaan begadang merupakan masalah bagi orang yang bekerja pada malam hari. Begadang akan mengganggu ritme jantung dan sindrom kelelahan kronis. Bagaimanapun juga, cobalah untuk tidur pada malam hari dan perbaiki jam tidur.

  1. Kurang Konsumsi Protein  

Konsumsi protein telah terbukti meningkatkan tingkat metabolisme lebih baik dari karbohidrat atau lemak. Selain membantu penurunan berat badan, protein juga dapat membantu mencegah kelelahan. 

Untuk menjaga metabolisme tetap normal dan mencegah kelelahan, usahakan untuk mengonsumsi sumber protein berkualitas tinggi, baik saat sarapan, makan siang, dan malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro