Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Susah Tidur? Coba Lakukan Metode 4-7-8

Tetapi bagaimanapun dan kapan pun Anda memilih untuk melakukannya, Dr Weil menyarankan untuk melakukan teknik ini secara teratur dan konsisten, idealnya dua kali sehari untuk melihat hasil yang bertahan lama dan mengubah hidup.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 14 September 2021  |  17:50 WIB
Susah Tidur? Coba Lakukan Metode 4-7-8
Ilustrasi - Brazenwoman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sulit tidur sering kali membuat kesal banyak orang. Bagaimana tidak, di saat Anda benar-benar lelah dan ingin beristirahat, Anda tidak bisa melakukannya. Bukannya dapat tidur dengan nyenyak, Anda justru terjaga semalaman.
 
Namun, ada teknik sederhana yang dapat membantu Anda tertidur dengan cepat.
 
Melansir Vogue, Selasa (14/9/2021)metode 4-7-8 adalah latihan pernapasan yang berakar pada tradisi yoga kuno pranayama (atau pengaturan napas), yang membantu merilekskan tubuh dan pikiran dan kemudian memudahkan Anda untuk tidur.
 
Dr Andrew Weil, orang di balik teknik ini, telah menjulukinya sebagai “penenang alami untuk sistem saraf”.
 
Metode ini bekerja dengan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab untuk mode istirahat dan pencernaan kita, sambil mematikan sistem saraf simpatik yang memicu respons stres kita (atau mode ‘lawan atau lari’).
 
Pernapasan dalam dan berirama semacam ini tidak hanya dapat membantu Anda tidur dengan cepat, tetapi juga mengurangi kecemasan. Mereka dapat membantu Anda mengelola segalanya mulai dari mengidam hingga marah, dan membantu berfungsinya proses seperti pencernaan dalam tubuh. Mengingat begitu banyak orang saat ini yang mengalami stres kronis, ada baiknya untuk memasukkan teknik seperti ini ke dalam rutinitas sehari-hari.
 
Anda dapat melakukan 4-7-8 untuk membantu Anda tidur, di tengah malam ketika Anda bangun, atau kapan saja di siang hari ketika Anda ingin merasa lebih tenang.
 
Tetapi bagaimanapun dan kapan pun Anda memilih untuk melakukannya, Dr Weil menyarankan untuk melakukan teknik ini secara teratur dan konsisten, idealnya dua kali sehari untuk melihat hasil yang bertahan lama dan mengubah hidup.
 
Jadi, bagaimana Anda bisa melakukannya?
 
Pertama, tarik napas melalui hidung selama empat detik. Tahan napas Anda selama tujuh detik. Kemudian, buang napas selama delapan detik dan buat suara “wusss” melalui bibir yang mengerucut. Ulangi hingga empat kali, dua kali sehari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur pola tidur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top