Vaksinasi ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta./Instagram @aniesbaswedan
Health

Ada Sistem Kekebalan Alami Tubuh, Mengapa Kita Masih Butuh Vaksin untuk Covid-19?

Newswire
Rabu, 15 September 2021 - 00:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 untuk mendorong kekebalan kelompok atau herd immunity. Kegunaan vaksinasi sendiri adalah untuk menciptakan kekebalan tubuh agar bisa menghadapi Covid-19.

Meski kekebalan alami tubuh dapat melindungi dari penyakit dan virus, tapi terkadang kekebalan alami saja tidak cukup dan harus ada proteksi tambahan oleh kekebalan buatan yang berasal dari vaksin.

Kekebalan tubuh sendiri dibagi menjadi kekebalan aktif dan pasif. Kekebalan aktif dan pasif dapat diperoleh secara alami maupun buatan. Kekebalan aktif buatan diperoleh dengan cara melakukan vaksinasi.

Sementara itu, kekebalan pasif buatan diperoleh dengan cara injeksi antibodi dalam serum. Jika manusia dapat membuat sistem kekebalan tubuhnya sendiri, lalu mengapa kekebalan vaksin masih dibutuhkan?

Secara umum vaksin dibagi menjadi dua, yaitu yang berasal dari virus yang dilemahkan dan yang berasal dari virus yang diinaktivasi.

Vaksin yang berasal dari virus hidup yang dilemahkan menghasilkan kekebalan yang dapat bertahan lama. Bila diperlukan dua vaksin, maka dosis kedua dapat diberikan secara bersamaan atau dengan interval paling sedikit 4 minggu.

Vaksin yang berasal dari virus yang diinaktivasi memberikan satu rangkaian injeksi untuk menghasilkan respon antibodi yang kuat. Beberapa vaksin inaktif diabsorpsi ke dalam ajuvan untuk meningkatkan respon antibodi.

“Vaksin pada dasarnya berfungsi untuk memicu respon imun tubuh,” tulis World Health Organization, dikutip Tempo dari laman resminya, Selasa, 8 Desember 2020.

Virus yang telah dilemahkan tidak akan membuat penderitanya sakit, tetapi hanya akan mendorong sistem kekebalan untuk merespons virus.

Dalam kasus Covid-19, syarat agar seseorang membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit ini adalah pernah terpapar virus SARS-CoV-19. Akan tetapi, menurut laman Universitas John Hopkins, case-fatality rate COVID-19 di Indonesia sendiri mencapai 2.9 persen.

Artinya, tidak semua orang yang terpapar Covid-19 mempunyai kesempatan untuk membentuk kekebalan tubuh mengingat tingginya angka kematian.

Selain mengandalkan kekebalan tubuh alami, vaksin dibutuhkan untuk mencegah lebih banyak kematian akibat Covid-19. Melakukan vaksinasi dapat memicu tubuh untuk memproduksi sistem kekebalan tanpa harus menderita penyakit yang bersangkutan.

Pelaksanaan vaksinasi juga diharapkan dapat menciptakan kekebalan kelompok. Kekebalan kelompok dapat melindungi orang-orang rentan yang tidak dapat divaksinasi karena masalah kesehatan, seperti kanker dan HIV.

Semakin banyak orang dalam suatu komunitas divaksinasi, maka semakin sulit virus untuk bersirkulasi. Semakin banyak orang divaksinasi, semakin sedikit juga risiko orang yang tidak bisa divaksinasi untuk terpapar virus.

Kekebalan alami tubuh memang dapat melindungi diri sendiri. Namun, kekebalan vaksin dapat melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitar Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Lili Sunardi
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro