Manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh./Medical News Today
Health

Ini Deretan Makanan yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

Redaksi
Rabu, 28 Agustus 2024 - 18:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Orang yang rutin mengonsumsi makanan bergizi akan mengalami peningkatan kekebalan tubuh dan sulit terkena penyakit.

Kekebalan tubuh muncul sistem imun Anda bekerja dengan baik. Sistem imunitas terdiri atas jaringan organ tubuh, sel tubuh, vitamin, mineral, dan protein yang melindungi tubuh Anda dari berbagai serangan bakteri, jamur, hingga virus.

Selain itu, sistem imun juga dapat menyembuhkan kerusakan yang dilakukan oleh bakteri-bakteri jahat. Sistem imun tubuh yang baik, bisa meningkat kekebalan tubuh, dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Dilansir dari Eat This dan Health, Rabu (28/8/2024), berolahraga rutin dan memiliki pola tidur yang baik bisa meningkatkan sistem imun tubuh menjadi lebih baik. Seperti, makanan yang tinggi vitamin, asam folat, asam linolik, zat besi, dan nutrisi-nutrisi alami lainnya.

Simak 7 pilihan makanan yang tepat untuk menjaga sistem imun tubuh Anda:

1. Buah jeruk

Jeruk dapat mengontrol peradangan dalam tubuh. Hal ini karena beragam komponen vitamin dan bioaktif dalam jeruk-jerukan memiliki sifat anti-inflammatory.

Vitamin C merupakan antioksidan sangat penting untuk pertumbuhan jaringan tubuh dan memperbaiki bagian-bagian tubuh yang rusak. Vitamin ini berfungsi melawan radikal bebas yang dapat mencegah kanker dan penyakit jantung.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin, sebuah agen antibakteri. Allicin juga terdapat dalam bawang putih yang berfungsi sebagai antibiotik. Bawang putih dapat bermanfaat sebagai pembantu sistem imun Anda dalam menyerang virus.

3. Paprika merah

Paprika mengandung vitamin C yang lebih banyak dari beberapa jenis buah jeruk-jerukan. Satu paprika mengandung 210 miligram vitamin C, sementara jeruk mengandung 82,7 miligram. Paprika merah mengandung vitamin A dalam bentuk beta karoten yang mendukung kesehatan mata dan kulit. 

4. Yogurt

Yogurt adalah susu yang terfermentasi oleh probiotik, yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam tubuh. Yogurt dapat berdampak sangat baik untuk kesehatan usus.

Menurut riset, terdapat hubungan antara kesehatan pencernaan dan kesehatan secara umum. Jika yogurt dikombinasikan dengan makanan sehat lain seperti stroberi dan granola, Anda dapat membuat camilan tinggi nutrisi.

5. Sayur berdaun hijau

Bayam, kale, singkong, dan berbagai sayur berdaun hijau lainnya mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beta karoten.

Selain itu, sayur daun hijau juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menjaga kesehatan pencernaan tubuh.

6. Ubi

Ubi mengandung antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Antara lain, kandungan ubi adalah vitamin A tinggi, vitamin C, serat, potasium, dan magnesium.

7. Ikan berlemak tinggi 

Ikan yang mengandung lemak tinggi–seperti salmon dan sarden–memiliki kandungan vitamin D dan omega-3 yang tinggi pula.

Hampir semua sel tubuh memiliki reseptor vitamin D. Artinya, konsumsi vitamin ini sangat berhubungan dengan sistem imun tubuh yang baik.

Asam lemak omega-3 dapat ditemukan dalam ikan sejenis ini, dan berfungsi dalam menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, hingga Alzheimer’s. (Ilma Rayhana)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro