vitamin/helpguide.org
Health

Kasus Covid Meningkat, Ini 5 Suplemen Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Redaksi
Selasa, 28 Mei 2024 - 08:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kekebalan tubuh yang kuat merupakan kunci untuk mencegah berbagai penyakit menular seperti Covid-19. Dengan asupan suplemen yang tepat, maka daya tahan tubuh bisa meningkat.

Dilansir dari crisis24.garda.com, kasus Covid-19 mengalami peningkatan pada tahun ini dibeberapa negara, salah satunya Singapura yaitu mencapai 25.900 kasus pada bulan Mei. Tren kasus Covid di Singapura terus meningkat.

Melihat kondisi tersebut, Anda yang berada di Indonesia, sebaiknya meningkatkan asupan nutrisi dengan mengonsumsi berbagai suplemen perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh keseluruhan, sehingga bisa terhindar dari penularan virus Covid.

Penelitian menunjukkan, asam lemak omega-3 EPA dan DHA, vitamin D, probiotik, melatonin, dan kurkumin dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi.

Berikut Suplemen Tingkatkan Imunitas Untuk Cegah Covid-19

1. Omega 3

Dilansir dari nordic.com, penelitian menunjukkan asam lemak omega 3 seperti eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) dapat menjaga kesehatan tubuh melalui peningkatan sistem imunitas pada sel makrofag, yang berperan penting untuk melawan radikal bebas.

Selain itu, EPA dan DHA juga bisa mengurangi respons stres yang menyebabkan kesehatan tubuh menurun selama masa pandemi.


2. Probiotik 

Penelitian menunjukkan, suplemen probiotik telah terbukti dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan fungsi sel epitel usus. Apabila sel ini mengalami gangguan, maka penyerapan nutrisi bisa terhambat sehingga tubuh sulit menangkal radikal bebas dan virus.

Selain itu, probiotik juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, kesehatan mental, mengurangi alergi, dan membantu menurunkan berat badan.

3. Vitamin D

Sebuah studi di Amerika menunjukkan, defisiensi atau kekurangan vitamin D memiliki risiko 54% lebih tinggi terkena Covid-19. Karena itu, asupan vitamin D yang memiliki sifat anti radang dan antioksidan sangat diperlukan untuk menangkal radikal bebas, yang berdampak pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin D juga dapat membantu menjaga fungsi paru serta jantung, mencegah kanker, mengatasi depresi, dan menurunkan risiko diabetes.


4. Melatonin

Suplemen melatonin bekerja dengan cara mempercepat produksi hormon melatonin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur. Karena, seringkali di masa pandemi seseorang mengalami kesulitan tidur, akibat tekanan pikiran yang dimiliki mulai dari ketakutan atau kekhawatiran tentang dampak yang diberikan. 

Dengan mengonsumsi melatonin, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sitokin yaitu molekul yang dibutuhkan untuk membantu melawan infeksi atau peradangan.


5. Kurkumin

Penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi suplemen kurkumin memiliki daya tahan tubuh jauh lebih baik, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Karena, suplemen ini bekerja dengan cara meningkatkan respons antibodi, respon imun limfosit (sel darah putih), dan mengurangi produksi sitokin, yang semuanya diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro