Angka pada timbangan badan jadi indikator bagi seseorang menentukan obesitas/Istimewa
Health

Makan Berlebihan Bukan Penyebab Utama Obesitas

Ni Luh Anggela
Rabu, 15 September 2021 - 10:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Akar penyebab epidemi obesitas lebih terkait dengan apa yang kita makan daripada berapa banyak yang kita makan, menurut perspektif yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.
 
Berdasarkan Pedoman Diet USDA untuk Orang Amerika 2020-2025, menurunkan berat badan mengharuskan orang dewasa untuk mengurangi jumlah kalori yang mereka dapatkan dari makanan dan minuman serta meningkatkan jumlah yang dikeluarkan melalui aktivitas fisik.
 
Pendekatan manajemen berat badan ini didasarkan pada model keseimbangan energi berusia seabad yang menyatakan bahwa penambahan berat badan disebabkan oleh konsumsi lebih banyak energi daripada yang kita keluarkan. Dengan pemikiran ini, makan berlebihan, ditambah dengan aktivitas fisik yang tidak mencukupi, mendorong epidemi obesitas. Di sisi lain, meskipun beberapa dekade pesan kesehatan masyarakat mendesak orang untuk makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak, tingkat obesitas dan penyakit terkait obesitas terus meningkat.
 
Melansir Sci Tech Daily, Rabu (15/9/2021), penulis “Model Karbohidrat-Insulin: Perspektif Fisiologis pada Pandemi Obesitas,” sebuah perspektif yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menunjukkan kelemahan mendasar dalam model keseimbangan energi, dengan alasan bahwa model alternatif, karbohidrat-insulin model, lebih baik menjelaskan obesitas dan penambahan berat badan. Selain itu, model karbohidrat-insulin menunjukkan jalan menuju strategi pengelolaan berat badan yang lebih efektif dan tahan lama.
 
Menurut penulis utama Dr. David Ludwig, Ahli Endokrinologi di Rumah Sakit Anak Boston dan Profesor di Harvard Medical School, model keseimbangan energi tidak membantu kita memahami penyebab biologis kenaikan berat badan.
 
Berbeda dengan model keseimbangan energi, model karbohidrat-insulin membuat klaim yang berani: makan berlebihan bukanlah penyebab utama obesitas. Sebaliknya, model karbohidrat-insulin banyak menyalahkan epidemi obesitas saat ini pada pola diet modern yang ditandai dengan konsumsi berlebihan makanan dengan beban glikemik tinggi, khususnya, karbohidrat olahan yang cepat dicerna. Makanan ini menyebabkan respons hormonal yang secara mendasar mengubah metabolisme kita, mendorong penyimpanan lemak, penambahan berat badan, dan obesitas.
 
Tubuh meningkatkan sekresi insulin dan menekan sekresi glukagon, ketika kita mengonsumsi karbohidrat olahan. Ini, pada gilirannya, memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk menyimpan lebih banyak kalori, meninggalkan lebih sedikit kalori yang tersedia untuk bahan bakar otot dan jaringan aktif metabolik lainnya. Otak merasakan bahwa tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup, yang pada gilirannya menyebabkan perasaan lapar. Selain itu, metabolisme dapat melambat dalam upaya tubuh untuk menghemat bahan bakar. Dengan demikian, kita cenderung tetap lapar, bahkan ketika kita terus mendapatkan kelebihan lemak.
 
Untuk memahami epidemi obesitas, kita perlu mempertimbangkan tidak hanya berapa banyak yang kita makan, tetapi juga bagaimana makanan yang kita makan memengaruhi hormon dan metabolisme kita. Dengan pernyataannya bahwa semua kalori sama dengan tubuh, model keseimbangan energi melewatkan bagian penting dari teka-teki ini.
 
Sementara model karbohidrat-insulin bukanlah hal baru, Perspektif American Journal of Clinical Nutrition adalah formulasi paling komprehensif dari model ini hingga saat ini, yang ditulis oleh tim yang terdiri dari 17 ilmuwan, peneliti klinis, dan pakar kesehatan masyarakat yang diakui secara internasional. Secara kolektif, mereka telah merangkum bukti yang berkembang untuk mendukung model karbohidrat-insulin. Selain itu, penulis telah mengidentifikasi serangkaian hipotesis yang dapat diuji yang membedakan kedua model untuk memandu penelitian masa depan.
 
Adopsi model karbohidrat-insulin atas model keseimbangan energi memiliki implikasi radikal untuk manajemen berat badan dan pengobatan obesitas. Daripada mendesak orang untuk makan lebih sedikit, sebuah strategi yang biasanya tidak berhasil dalam jangka panjang, model karbohidrat-insulin menyarankan jalan lain yang lebih berfokus pada apa yang kita makan.
 
Mengurangi konsumsi karbohidrat olahan yang cepat dicerna yang membanjiri pasokan makanan selama era diet rendah lemak, menurut  Ludwig, mengurangi dorongan yang mendasari untuk menyimpan lemak tubuh. Akibatnya, orang dapat menurunkan berat badan dengan lebih sedikit rasa lapar dan perjuangan.
 
“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji kedua  model secara meyakinkan dan, mungkin, untuk menghasilkan model baru yang lebih sesuai dengan bukti.” tulis para peneliti. Untuk mencapai tujuan ini, mereka menyerukan wacana konstruktif dan kolaborasi di antara para ilmuwan dengan sudut pandang yang beragam untuk menguji prediksi dalam penelitian yang ketat dan tidak bias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro