Anak olahraga/ilustrasi
Relationship

6 Cara Mudah Untuk Mencegah Kematian di Usia Muda

Dinda Aulia Ramadhanty
Rabu, 22 September 2021 - 17:00
Bagikan

Obesitas, Tekanan Darah dan Diabetes

  1. Mengontrol tekanan darah

Kurang olahraga dan konsumsi tinggi natrium bisa berkontribusi terhadap hipertensi. Bila tekanan darah tinggi dan tidak terkontrol maka dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

Dengan memantau tekanan darah seperti pemeriksaan rutin, dan mengobati peningkatan kadar dengan perubahan pola makan dan olahraga, atau obat-obatan jika perlu, merupakan cara paling efektif untuk mengatasi faktor risiko ini.

  1. Mengatasi diabetes

Langkah ini berkaitan erat dengan epidemi obesitas yang sekarang telah menyerang baik negara berkembang maupun negara maju. Diabetes mampu meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kondisi lain yang dapat memperpendek usia.  

Sebuah studi menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup yang menggabungkan diet rendah gula dan aktivitas fisik  sama efektifnya dengan mengonsumsi obat-obatan dalam menjaga kadar gula darah.

  1. Mengurangi obesitas

Mengatasi obesitas saja juga dapat memiliki efek menguntungkan dalam menurunkan kondisi kronis lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi.  

Kampanye kesehatan masyarakat yang menyoroti kandungan kalori tinggi dari makanan cepat saji dan olahan, dan program yang menyediakan akses ke buah-buahan dan sayuran segar, termasuk di sekolah, dapat menjadi langkah krusial dalam mengubah gelombang epidemi obesitas global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro