Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Trik Menghadapi Rekan Kerja yang Iri dan Hobi Menjatuhkan

Semakin tinggi Anda mendaki, semakin banyak kritik yang pasti Anda dapatkan. Rekan kerja yang cemburu seharusnya tidak menahan Anda dari kesuksesan yang telah Anda tunggu-tunggu. Gunakan teknik ini untuk bekerja dengan rekan kerja yang cemburu dan Anda tidak akan khawatir tentang perseteruan kantor lagi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 23 September 2021  |  18:26 WIB
Trik Menghadapi Rekan Kerja yang Iri dan Hobi Menjatuhkan
Rekan kerja cemburu

Bisnis.com, JAKARTA - Dunia kerja bisa jadi sulit dan penuh persaingan.

Anda harus menonjol jika ingin maju. Terkadang, ada beberapa kecemburuan muncul dari orang-orang yang bekerja dengan Anda.

Itu adalah hal biasa dalam dunia kerja.

Bisa saja dia iri dengan pencapaian Anda di tempat kerja. Sehingga dia mencari cara untuk menjatuhkan Anda dengan berbagai cara.

Mulai dari mencari kesalahan hingga memfitnah.

Semakin tinggi Anda mendaki, semakin banyak kritik yang pasti Anda dapatkan. Rekan kerja yang cemburu seharusnya tidak menahan Anda dari kesuksesan yang telah Anda tunggu-tunggu. Gunakan teknik ini untuk bekerja dengan rekan kerja yang cemburu dan Anda tidak akan khawatir tentang perseteruan kantor lagi.

Lantas, apakah yang harus Anda lakukan jika mendapatkan rekan kerja seperti itu? Berikut kiat yang bisa Anda lakukan seperti dilansir dari Medium :

1. Introspeksi Diri Sendiri

Tanyakan pada diri sendiri, apakah kesalahan Anda. Refleksi diri pada situasi tidak ada salahnya. Mungkin saja Anda tidak terlalu rendah hati kepada orang-orang yang bekerja dengan Anda. Apakah Anda menyebalkan atau melakukan hal-hal yang membuat orang lain kesal.

2. Diam Itu Emas

Jika Anda merasa perlu menyombongkan diri, lakukan di luar tempat kerja. Anda tidak ingin terlihat arogan di depan orang-orang di sekitar Anda di kantor. Tetaplah diam, sampai mereka bosan menjelekkan Anda.

3. Pertahankan Kerja Bagus

Jangan mengendur, bahkan jika orang lain iri padamu. Anda masih memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan sesuatu. Kecemburuan bisa jadi karena pekerjaan hebat yang telah Anda lakukan. Jika itu masalahnya, maka pertahankan!

4. Jangan Dianggap Secara Pribadi

Sebagian besar waktu, kecemburuan berasal dari rasa tidak aman orang itu sendiri. Lain kali Anda harus menghadapinya, cobalah untuk mengingat bahwa orang tersebut mungkin sedang menghadapi perasaan tidak mampunya sendiri. Kesuksesan Anda adalah ancaman bagi harga diri mereka.

5. Jadilah Pemimpin

Jika Anda dikenal karena melakukan sesuatu dengan baik, mengapa tidak berbagi dan menawarkan untuk mengajar orang-orang di sekitar Anda? Anda akan tampil sebagai pemain tim dan memperkuat grup secara keseluruhan.

6 Beri Pujian

Punya email grup untuk dikirim? Bilang "Terima Kasih" kepada orang yang cemburu. Kecemburuan tidak selalu membuat mereka menjadi pekerja yang buruk. Mengakui kerja keras mereka akan menandakan bahwa Anda menghargai upaya yang mereka lakukan dan menunjukkan bahwa Anda tidak sama seperti mereka yang selalu cemburu.

7. Fokus pada Orang yang Mendukung

Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Anda lebih baik memberikan energi Anda kepada orang-orang yang menghargai apa yang Anda lakukan. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendukung dan yang pendapatnya Anda hargai.

8. Jangan Minta Maaf

Empati adalah hal yang baik. Tapi kenapa kamu tidak bangga dengan dirimu sendiri? Anda mendapatkan pencapaian di mana Anda berada dan telah bekerja keras untuk sampai ke sana. Jangan sekarang hanya karena seseorang menjadi sedikit iri Anda merasa harus down dan meminta maaf padanya. Mereka tidak berhak menerimanya.

9. Pergeseran Perspektif

Jika mereka picik, hindari tersedot ke dalam permainan mereka. Ingatlah bahwa kecemburuan adalah tentang ketidakdewasaan. Mungkin orang itu harus lebih banyak belajar tentang kehidupan dengan orang-orang sebelum mereka maju.

10. Baikan saja

Apa masalahnya? Kecemburuan adalah produk sampingan dari kesuksesan. Jangan biarkan pendapat orang lain menghambat Anda. Kecemburuan mungkin hilang begitu saja jika Anda tidak memberinya peluang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tips Karir Tips Kerja
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top