Ilustrasi perempuan tidak percaya diri karena wajahnya jerawatan/Freepik.com
Health

Awas! 5 Kandungan pada Makanan Ini Bisa Bikin Wajah Jerawatan

Newswire
Minggu, 3 Oktober 2021 - 22:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jerawat merupakan kondisi umum pada kulit yang terkadang mengusik kepercayaan diri. Simak 5 kandungan makanan yang bisa membuat wajah Anda jerawatan. Jangan konsumsi berlebihan! 

Kulit akan mengeluarkan minyak melalui kelenjar sebasea (sebum). Namun, ketika sebum tidak dapat melepaskan minyak dengan baik, maka akan menimbulkan jerawat.

Jerawat yang biasanya muncul di wajah terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang karena mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri. Karena itu, penting menyeimbangi asupan makanan agar tidak menimbulkan atau memperparah kondisi jerawat.

Berikut 5 kandungan pada makanan yang dapat menyebabkan wajah jerawatan jika dikonsumsi berlebihan seperti dilansir dari Tempo.co, Sabtu (3/10/2021).

1. Karbohidrat

Dikutip dari laman webmd.com, konsumsi makanan mengandung karbohidrat dapat menyebabkan jerawat. Hal ini karena karbohidrat yang diserap dalam aliran darah dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin dengan cepat.
Kadar insulin yang tinggi menyebabkan hormone androgen lebih aktif dan berkontribusi pada perkembangan jerawat sebab terjadi peningkatan produksi sebum.

2. Fastfood

Makanan cepat saji atau fastfood menduduki peringkat kedua makanan yang bisa menimbulkan jerawat. Melansir laman thedermspecs.com, kandungan dalam makanan cepat saji seperti kalori, lemak, dan karbohidrat berkorelasi dengan tumbulnya jerawat.

Sebuah studi di Cina dengan melibatkan responden remaja dan dewasa menunjukkan bahwa memakan makanan cepat saji secara teratur meningkatkan risiko jerawatan sebanyak 17 persen.

3. Minuman Beralkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar menciptakan ketidakseimbangan hormon, seperti kadar estrogen atau testosteron.

Dikutip dari laman healthline.com, hormon yang meningkat pada kulit menghasilkan banyak sebum hingga menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan berakhir dengan lahirnya jerawat.

4. Omega-6

Tingkat peradangan jerawat dipengaruhi oleh konsumsi makanan yang mengandung asam lemak tinggi, seperti omega-6. Mengutip laman stryx.com, kandungan omega-6 pada makanan memiliki sifat pro-inflamasi yang dapat memperburuk jerawat.
Di sisi lain, makanan yang diperkaya lemak omega-3 baik dikonsumsi karena dapat menurunkan risiko terkena jerawat.

5. Produk Susu dan Turunannya

Apakah Anda menyukai produk susu dan olahannya? Anda harus waspada karena sering mengonsumsi produk susu dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Dilansir dari laman healthline.com, susu dapat meningkatkan kadar insulin tubuh sehingga memperburuk tingkat keparahan jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro