Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bawang Hitam, Si Makanan Super untuk Hipertensi dan Kolesterol  

Di antara manfaat besar bawang hitam, yang paling menonjol adalah kemampuannya yang dapat melawan hipertensi, kaya akan protein serta vitamin B. Tapi selain itu, mereka juga dapat menurunkan kolesterol, risiko diabetes tipe 2, kelelahan dan stres.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 04 Oktober 2021  |  14:25 WIB
Bawang merah hitam
Bawang merah hitam


Bisnis.com, JAKARTA – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bawang putih, namun bagaimana dengan black garlic alias bawang hitam?
 
Bawang hitam merupakan hasil fermentasi dari bawang putih dalam suhu dan kelembaban tertentu. Selama proses fermentasi itulah warna bawang berubah menjadi hitam dengan tekstur yang lebih lembut  dan kenyal serta rasa yang lebih manis.
 
Bawang putih sendiri telah dikaitkan dengan khasiat obat selama ratusan tahun, begitu pula dengan bawang hitam.
 
Di antara manfaat besar bawang hitam, yang paling menonjol adalah kemampuannya yang dapat melawan hipertensi, kaya akan protein serta vitamin B. Tapi selain itu, mereka juga dapat menurunkan kolesterol, risiko diabetes tipe 2, kelelahan dan stres.
 
Di sisi lain, dia memiliki kapasitas antioksidan, meningkatkan pencernaan organisme, menyediakan energi dan sangat ideal untuk memperkuat kesehatan sistem kekebalan tubuh.
 
Melansir Tododisca, Senin (4/10/2021), dua sifat yang paling menonjol dari bawang hitam dan bawang putih tradisional adalah sifat antibakteri dan antiseptiknya. Selain itu, kita harus menambahkan dosis vitamin C yang baik yang dikandungnya; dan untuk semua ini adalah makanan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan aksi pertahanan terhadap virus dan bakteri, terutama di masa pandemi ini.
 
Bawang hitam juga merupakan makanan super karena menyediakan 18 asam amino esensial bagi organisme, dari 20 jenis yang ada. Diantaranya adalah arginin dan triptofan.
 
Asam amino adalah zat penting yang tidak dapat dihasilkan oleh organisme dan perlu dimasukkan melalui makanan. Bawang hitam adalah makanan yang ideal dalam hal ini.
 
Secara keseluruhan, bawang hitam juga merupakan makanan super karena membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Ini berkontribusi untuk memperbaiki kondisi arteri, karena mengurangi jumlah trigliserida dan kolesterol dalam darah.
 
Akhirnya, manfaat lain dari bawang hitam adalah sebagai sumber protein dan kolagen. Kolagen adalah zat penting untuk kesehatan kulit, yang terlibat dalam regenerasi dan penguatan sendi, jaringan, dan tulang.
 
Lalu bagaimana cara mendapatkan makanan super ini?
 
Bawang hitam adalah makanan yang telah masuk ke dunia kuliner, karena selain manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan, mereka juga sangat serbaguna dalam hal menyiapkan berbagai resep.
 
Anda dapat menambahkan bawang hitam ke salad, ayam, dioleskan pada roti panggang atau ditambahkan ke pasta.  n mk bgtrr vg gvi iki

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hipertensi kolesterol
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top