Penuaan dini. Jika tidak yakin pendekatan yang tepat untuk Anda, bicarakan dengan profesional perawatan kesehatan. /independent
Health

Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini yang Dapat Menyebabkan Penuaan Kulit

Ithamar Yaomi DC
Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:41
Bagikan

Pola Makan, Aktivitas, hingga Kesepian

4. Makanan Tak Sehat

Kehidupan yang serba cepat membuat Anda cenderung mengonsumsi makanan tak sehat atau junk food. Masalahnya, junk food atau fast food tersebut seringkali merupakan makanan olahan, misalnya karbohidrat olahan dan gula, yang dapat mempercepat penuaan kulit.

"Makanan ini meningkatkan peradangan, penanda di balik sebagian besar penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan bahkan beberapa jenis kanker," kata dokter Bonney.

5. Kurang Gerak

Olahraga mungkin terasa seperti tugas yang berat dan bukan kegiatan yang menyenangkan. Namun, duduk di balik meja selama berjam-jam atau rebahan di sofa sangat buruk bagi tubuh.

Selain membuat badan bengkak, hal itu juga dan dapat mempercepat penuaan. Kebiasaan buruk tersebut semakin menjadi-jadi saat pandemi Covid-19 lantaran penyebaran virus Corona memaksa orang berdiam di rumah mereka.

"Saya akan mengatakan bahwa kebiasaan sehari-hari menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan tidak berolahraga adalah kontributor terbesar dari banyak atribut negatif dari perasaan tua," kata Jamie Costello, Sales & Fitness di Pritikin Longevity.

6. Terpapar Matahari

Tidak dapat disangkal, manusia memang semua membutuhkan sinar matahari dan panasnya matahari untuk bertahan hidup. Hal itu berlaku untuk semua orang. Namun, pada saat yang sama, matahari bisa sangat berpengaruh bagi proses penuaan kulih bahkan bisa membahayakan.

"Matahari mengubah kulit Anda secara permanen menyebabkan kerutan melalui kerusakan serat dan bintik hitam," kata Jay Cowin.

7. Kesepian

Pandemi Covid-19 telah menunjukkan banyak dari kita bahwa sulit untuk bertahan hidup tanpa persahabatan dengan orang lain. Apakah mengalami isolasi sendirian atau berada jauh dari orang yang dicintai.

Rasa kesepian semakin sering terjadi seiring bertambahnya usia. Karena itu, orang tua cenderung cepat mengalami penuaan. Lawan rasa kesepian sebisa mungkin dengan tetap berhubungan dengan keluarga serta sahabat Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro