Sejumlah siswa mencuci tangannya seusai mengikuti embelajaran tatap muka di SDN Pondok Labu 14 Pagi, Jakarta Selatan, Senin (30/8/2021). Sebanyak 610 sekolah di Ibu Kota menggelar pembelajaran tatap muka secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Health

Sejarah 15 Oktober Diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun

Nancy Junita
Jumat, 15 Oktober 2021 - 08:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PBB menetapkan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS). Bukan hanya di Indonesia, tapi sedunia. Berikut sejarahnya.

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan perilaku sederhana, namun memiliki dampak luar biasa dalam pencegahan penyakit menular.

Dampak positif ini perlu dikampanyekan kepada seluruh lapisan masyarakat, agar semua tahu manfaat nyata CTPS secara rutin.

Dikutip dari kemkes.go.id, Jumat (15/10/20210, pada tahun 2008, Kemitraan Cuci Tangan Global (GHP) memprakarsai pencanangan Global Hand Washing Day, dan selanjutnya oleh PBB ditetapkan setiap tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS).

Sejalan dengan hal tersebut, Sekretariat Pokja CTPS Kementerian Kesehatan RI setiap tahun memperingati event penting ini dengan merancang berbagai agenda acara.

Tahun ini telah ditetapkan tema HCTPSS; “Masa Depan Kita di Tangan Kita – Mari Beraksi Bersama untuk Membuat CTPS Nyata bagi Semua”, dengan tagline Cuci Tangan Pakai Sabun Budaya Kita.

Untuk menambah semarak peringatan HCTPSS 2021, Sekretariat Pokja CTPS dan mitra terkait telah merancang acara Kompetisi Foto dan Video CTPS 2021 yang menyediakan hadiah total senilai 10 (sepuluh) juta rupiah untuk 10 orang pemenang.

Agenda lain berupa pemecahan Rekor MURI Gerakan Disiplin Protokol Kesehatan di Lokasi Terbanyak.

Kegiatan ini diawali dengan edukasi cuci tangan pakai sabun dan pemakaian masker melalui pembuatan video yang dilakukan oleh masyarakat umum.

Panitia telah menyiapkan panduan video tutorial yang dapat diakses pada link https://bit.ly/harictpssedunia-HAKLI. Selanjutnya, karya video yang telah dibuat dapat diupload pada link https://bit.ly/UploadVideoMURICTPS.

Peringatan HCTPS bukan semata-mata karena pandemi Covid-19 yang disebabkan Virus Corona.

HCTPS adalah kampanye promosi cuci tangan internasional untuk mengatasi penularan berbagai penyakit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro