Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mengendalikan Risiko Kanker, Selain Deteksi Dini dan Pengobatan

Deteksi dini dan pengobatan seringkali menjadi pilihan untuk melawan kanker. Namun, ada cara terbaik yang bahkan lebih efektif dalam mencegah kanker sejak awal. Dan sebagian besar kanker dapat dicegah.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  13:06 WIB
Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia - Freepik.com
Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh dan menghancurkan jaringan tubuh di sekitarnya.

Menurut data WHO di tahun 2018, jumlah penderita kanker di seluruh dunia mencapai 14 juta kasus dengan angka kematian 8,2 juta setiap tahunnya.
 
Deteksi dini dan pengobatan seringkali menjadi pilihan untuk melawan kanker. Namun, ada cara terbaik yang bahkan lebih efektif dalam mencegah kanker sejak awal. Dan sebagian besar kanker dapat dicegah.
 
Banyak orang secara keliru percaya bahwa faktor penentu dalam mendapatkan kanker adalah genetika atau hanya nasib buruk, dan pengaruh sepenuhnya di luar kendali mereka.
 
Meskipun benar bahwa beberapa kanker berasal dari mutasi yang diturunkan atau kecenderungan genetik lainnya, sebagian besar ahli setuju bahwa sekitar 70 persen kanker dapat dicegah. Ini bisa menjadi salah satu fakta medis yang paling tidak diketahui di zaman kita.
 
Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah kanker dalam kehidupan Anda, melansir The Hill, Kamis (28/10/2021)

1. Makan buah dan sayuran yang cukup

Tidak mendapatkan buah dan sayuran yang cukup dapat meningkatkan risiko kanker tertentu secara signifikan. Untuk menambahkannya, gunakan cara apa pun yang memungkinkan seperti buah dan sayuran segar, kalengan, atau beku. Sebagian besar dari kita tidak mendapatkan cukup buah dan sayuran.
 
Ini juga saatnya untuk mengurangi daging olahan dan berlemak serta camilan asin. Sebagai gantinya, cobalah makan  ikan dua kali seminggu dan gunakan bumbu dan rempah yang berbeda.

2. Aktif secara fisik

Tidak aktif secara fisik seringkali dikaitkan dengan pertumbuhan sel kanker. Melakukan 10.000 langkah setiap hari bukanlah hal yang buruk. Atau, Anda dapat melakukan aktivitas menyenangkan seperti jogging, bersepeda, atau membersihkan rumah Anda.

3. Hindari stres kronis

Stres kronis dan hormon yang diciptakannya dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Oleh karena itu, menghilangkan stres atau menjaga diri untuk tidak stres adalah hal yang penting untuk dilakukan.
 
Meditasi sangat efektif, seperti halnya latihan pernapasan. Jika Anda mengalami kecemasan dan stres yang tidak kunjung berhenti, jangan takut untuk mengakuinya. Mintalah bantuan dari kelompok pendukung, konselor atau professional kesehatan mental.

4. Perhatikan kualitas dan kuantitas tidur Anda

Tidur adalah waktu bagi tubuh Anda untuk mengeluarkan racun. Untuk memaksimalkan tidur, jadikan kamar tidur Anda sejuk, tenang, dan gelap. Jika tidak, Anda tidak bisa tidur di akhir pekan. Untuk pencegahan kanker yang lebih efektif, jadikan sebagai prioritas gaya hidup untuk mendapatkan tidur malam yang baik setiap malam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker gaya hidup
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top