Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persiapan Belanja Online, Ini Tips Harbolnas 11.11 dari Lazada untuk Penjual 

Pikirkan secara strategis tentang apa yang bisa menjadi penawaran terbaik yang dapat Anda tunjukkan kepada pelanggan selama 11.11.
Annasa Rizki
Annasa Rizki - Bisnis.com 02 November 2021  |  20:56 WIB
Ilustrasi belanja online. / istimewa
Ilustrasi belanja online. / istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki bulan November, hari belanja online nasional atau harbolnas 11.11 semakin dekat. Tak hanya ujian yang harus menggunakan strategi, berjualan juga harus memiliki strategi. 

Strategi yang bagus dan menarik bagaikan kail yang akan menyangkut di mulut ikan. Tidak mungkin menggunakan umpan cacing untuk menangkap ikan besar seperti tuna. Kreativitas dan inovasi dari tim e-commerce dan para penjual akan mendatangkan para pelanggan.

Mantan bos Lazada, Andrea Baronchelli membagikan tips bagi para seller atau penjual untuk meningkatkan penjualan selama periode 11.11. 

Tips mempersiapkan diri untuk 11.11 salah satunya yaitu dengan penawaran. Penjual dapat memberikan harga terbaiknya pada produk andalan dengan mengadakan ‘flash sale’ yang juga berdampak untuk meningkatkan visibilitas toko.

Pikirkan secara strategis tentang apa yang bisa menjadi penawaran terbaik yang dapat Anda tunjukkan kepada pelanggan selama 11.11. Semakin baik penawaran semakin besar penjualan yang akan Anda dapatkan. Ini juga akan membantu Anda menciptakan basis pelanggan setia yang akan mengingat Anda sebagai penjual dan akan kembali sepanjang tahun untuk menelusuri toko online Anda dan berbelanja lagi. 

Selain itu, penjual juga harus mempersiapkan persediaan dan stock keeping unit (SKU). Setelah Anda menetapkan penawaran yang ingin Anda kirimkan untuk 11.11, pastikan Anda mempersiapkannya. Penjual dapat menaikkan stok 10 hingga 20 kali lebih banyak dari biasanya untuk menghindari OOS (out of supply). 

Tips terakhir dari Baronchelli adalah perencanaan traffic dalam pemasaran. Jika penjual memiliki penawaran yang sangat kompetitif, Anda harus memenuhi syarat untuk ditampilkan di halaman kampanye utama. Selain itu, yang paling penting adalah mengarahkan traffic toko sendiri dengan  pemasaran online lain, seperti Facebook, GoogleAds, dan Instagram. Penjual juga bisa melakukan pemasaran berbayar untuk meningkatkan penjualan.

"Berikan 5 gambar pada setiap item yang terdaftar. Memiliki ulasan produk yang baik terbukti meningkatkan kemungkinan barang Anda terjual, " ungkap Andrea Baronchelli.

Perencanaan ini harus dilakukan setidaknya 3 bulan sebelumnya. Baronchelli menambahkan bahwa para penjual harus memahami target pelanggan dan mempelajari di platform mana mereka menghabiskan waktu untuk browsing.

“Tiga hal yang harus menjadi fokus dalam menyiapkan 11.11 adalah harga, persediaan barang, dan konten,” lontar Baronchelli. 

Para penjual, masih ada waktu menjelang 11.11, atur strategimu dan tim untuk meraup cuan menjelang akhir tahun!


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online lazada
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top