Ilustrasi/Pexels.com
Relationship

Cara Screenshot di Laptop Windows dan Macbook, Mudah & Cepat!

Aliftya Amarilisya
Jumat, 12 November 2021 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Tak hanya ponsel, laptop juga memiliki fitur screenshot. Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana cara melakukan screenshot di laptop?

Pada dasarnya, untuk melakukan screenshot di laptop tidaklah sulit. Hanya saja, beberapa jenis laptop memiliki cara yang berbeda.

Begitu pula pada laptop dengan sistem operasi Windows dan macOS. Nah, untuk lebih detailnya, berikut tata cara screenshot di laptop di layar Windows.

1. Menggunakan tombol PrtScr

Cukup dengan menekan tombol PrtScr, maka seluruh bagian layar akan tertangkap tersimpan di clipboard. Untuk melihat hasilnya, buka aplikasi Paint dan tekan Ctrl+V. Setelahnya, Anda bisa menyimpan gammbar tersebut di folder yang diinginkan.

2. Menggunakan tombol Alt dan PrtScr

Untuk mengambil screenshot hanya dari jendela yang sedang aktif, tekan tombol Alt dan PrtScr secara bersamaan. Namun, pada sebagian laptop, Anda mungkin harus menekan tombol Alt + Fn + PrtScr. Setelahnya, buka aplikasi Paint dan paste gambar tersebut. Lalu, simpan.

3. Menggunakan tombol Windows dan PrtScr

Jika Anda menggunakan Windows 10, maka cukup tekan tombol dengan Windows dan PrtScr secara bersamaan hingga layar kalian berkedip. Untuk melihat hasilnya, Anda tak perlu menyalinnya di Microsoft Paint, tapi langsung saja ke direktori C:Users[nama user]PicturesScreenshots.

4. Menggunakan tombol Windows, Shift, dan S

Dengan menekan ketiga tombol tersebut, Anda dapat memilih area spesifik yang ingin dijepret. Nantinya, screenshot akan disalin ke clipboard. Selanjutnya, Anda hanya perlu membuka aplikasi Paint dan paste gambar tersebut untuk menyimpannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro