Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Sinyal Bahaya yang Diberikan Tubuh Anda dan Artinya

Sinyal-sinyal ini tentu saja tidak datang dengan kata-kata.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 15 November 2021  |  14:26 WIB
Ilustrasi - Codyapp
Ilustrasi - Codyapp

Bisnis.com, JAKARTA – Entah disadari atau tidak, tubuh seringkali memberikan sinyal yang mengatakan sesuatu. Misalnya, saat Anda berlatih terlalu keras, tidak cukup makan atau membutuhkan lebih banyak tidur. Masalahnya adalah Anda tidak selalu mengenali sinyal yang diberikan oleh tubuh atau bisa jadi, Anda tidak mendengarkannya.
 
Sinyal-sinyal ini tentu saja tidak datang dengan kata-kata. Mereka datang dalam bentuk molekul organik dan interaksi kompleks diantara mereka. Beberapa dari interaksi tersebut memberikan sensasi dan pengalaman aneh. Ketika kepala Anda tiba-tiba pusing saat Anda belum tidur seharian misalnya, sensasi itulah yang harus Anda dengarkan.
 
Lantas, sinyal-sinyal umum apa saja yang harus Anda perhatikan?

1. Bau amonia

Melansir Women’s Running, Senin (15/11/2021), biasanya, bau amonia tercium di akhir latihan yang panjang atau menantang dan merupakan indikator kuat bahwa Anda telah membakar protein sebagai bahan bakar. Alasan Anda mencium bau amonia? Ini karena produk pemecahan protein urea diproduksi lebih cepat daripada yang bisa dikeluarkan oleh ginjal Anda, dan kemudian larut ke dalam keringat sebagai amonia.
 
Lalu apa yang dikatakan tubuh Anda? Lakukan pengisian bahan bakar dengan asupan karbohidrat yang lebih tinggi, sebelum dan selama berolahraga.

2.  Rasa metalik

Tiba-tiba mengalami rasa metalik atau logam di mulut Anda? Meskipun biasanya tidak berbahaya, kondisi ini dapat mengganggu Anda karena Anda akan kesulitan mengecap rasa makanan dan minuman.
 
Sebenarnya, rasa metalik yang Anda rasakan ini adalah isi sel darah Anda yang rusak. Kondisi ini dapat hilang sendiri atau bisa Anda atasi dengan penyesuaian gaya hidup dan menghentikan penggunaan obat-obatan tertentu.

3.  Lemah, pingsan, iritabilitas, keringat berlebih atau tidak biasa

Lemah, pingsan, iritabilitas, keringat berlebih atau tidak biasa adalah tanda-tanda hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi dimana kadar gula di dalam darah Anda berada di bawah normal.
 
Tidak makan dalam 30 hingga 75 menit sebelum latihan dapat membantu Anda menghindari kondisi ini. Pastikan Anda makan makanan yang sehat dan seimbang, 2 hingga 2,5 jam sebelum berolahraga.

4. Anda selalu merasa haus, tidak peduli berapa banyak yang Anda minum

Minum air yang cukup dapat membantu Anda terhidrasi. Namun, jika Anda haus saat berolahraga dan telah minum banyak air, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak natrium, bukan air!
 
Bagaimana cara mengatasinya? Menambahkan garam ke minuman karbohidrat Anda, atau minum minuman tinggi elektrolit akan membantu Anda menghilangkan rasa haus.

5.  Sakit perut atau kram

Sakit perut dan kram usus bagian atas biasanya terjadi akibat konsentrasi berlebih atau kepadatan energi berlebih dari isi perut. Ini mungkin seperti bukan masalah besar untuk mengambil beberapa gel karena volumenya sangat rendah, tetapi konsentrasi karbohidrat dan konsentrasi molekul murni dalam larutan perut Anda adalah resep yang sempurna untuk kram dan beberapa sakit perut yang parah.
 
Kuncinya adalah minum air dengan gel Anda, terutama jika perut kosong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sinyal Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top