Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Kebiasaan Baik di Masa Pandemi yang Harus Tetap Dipertahankan Saat New Normal

Di masa pandemi, batuk dan bersin menjadi hal yang menakutkan. Anda mungkin akan menjadi pusat perhatian saat Anda melakukannya di ruang publik, apalagi jika Anda tidak menggunakan masker.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 26 November 2021  |  21:41 WIB
Mencuci tangan
Mencuci tangan

Bisnis.com, JAKARTA – Sudah lebih dari satu tahun dunia dilanda pandemi Covid-19. Banyak hal yang berubah dan kebiasaan baru yang wajib dilakukan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana jika situasi kembali normal? Apakah kebiasaan-kebiasaan ini akan ditinggalkan? Atau tetap dipertahankan? Jika ada, apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut?

1. Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun

Melansir Pandemic Talks, Jumat (26/11/2021), kebiasaan ini sebetulnya sudah diajarkan sejak lama, hanya saja baru menjadi tren dan rutin dilakukan saat masa pandemi Covid-19. Sedang pandemi atau tidak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir wajib hukumnya. Ini adalah salah satu cara untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh.

2. Menerapkan dan memahami etika saat batuk dan bersin

Di masa pandemi, batuk dan bersin menjadi hal yang menakutkan. Anda mungkin akan menjadi pusat perhatian saat Anda melakukannya di ruang publik, apalagi jika Anda tidak menggunakan masker.

Oleh karena itu, meski nanti sudah bukan masa pandemi, menerapkan etika saat batuk dan bersih sangat penting dilakukan. Tutup mulut atau hidung dengan tisu ketika batuk/bersin, agar dropletnya tidak kemana-mana.

3. Tetap menggunakan masker terutama saat Anda kurang sehat

Kondisi tubuh kurang sehat? Sebaiknya istirahatlah di rumah atau pergi berobat. Juga, hindari bepergian, terutama ruang publik.

Selain tidak baik untuk diri sendiri, ini juga berpotensi menularkan kuman pada orang lain. Namun jika terpaksa, misalnya bertepatan dengan ujian sekolah, maka pergilah, gunakan masker dan jaga jarak dengan orang lain.

4. Menjaga kebersihan lingkungan

Sudah seharusnya kita membiasakan diri untuk menjaga kebersihan lingkungan dimanapun itu. Kebiasaan baik itu wajib diteruskan karena lingkungan yang bersih merupakan awal terciptanya lingkungan yang sehat bukan?

5. Menerapkan pola hidup sehat

Salah satu sisi positif dari pandemi? Tentu saja kita mulai konsisten menerapkan pola hidup sehat. Makan makanan bergizi seimbang, dan rutin berolahraga adalah kebiasaan yang baik. Bila keadaan kembali normal, tetap lanjutkan kebiasaan baik ini.

6. Hindari menyentuh bayi atau anak orang lain

Sangat menggemaskan ya saat melihat bayi atau anak-anak. Tetapi sebisa mungkin tahan diri Anda untuk tidak asal menyentuh bayi atau anak orang lain. Kita tidak tahu berapa banyak kuman yang menempel di tubuh kita, yang bisa saja berpindah ke bayi saat kita menyentuh mereka.

7. Temui lansia hanya saat kita dalam keadaan bersih dan sehat

Tidak hanya bayi dan anak-anak, orang tua terutama mereka yang lanjut usia adalah kelompok yang rentan terkena kuman penyebab penyakit. Jika berencana ingin menemui atau berkunjung ke rumah mereka, pastikan Anda dalam kondisi sehat dan bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat pandemi corona
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top