Asam lambung perlu diwaspadai. / Bisnis- nurul hidayat
Health

4 Penyebab Umum Sakit Asam Lambung

Ni Luh Anggela
Rabu, 1 Desember 2021 - 10:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyakit asam lambung (refluks asam) atau yang juga dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi dimana muncul rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Meskipun tidak berbahaya seperti penyakit jantung, penyakit ini perlu ditangani untuk mencegah terjadinya komplikasi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab terjadinya kondisi ini.

Melansir Express, Rabu (1/12/2021), berikut empat penyebab umum terjadinya asam lambung.

1. Obesitas

Obesitas telah diidentifikasi sebagai pemicu asam lambung dan merupakan faktor risiko utama. Ini karena berat badan meningkatkan tekanan pada perut, meremas organ di perut dan mendorong asam lambung. Mereka yang baru saja bertambah berat badanya juga dapat mengalami masalah ini.

2. Hernia hiatus

Hernia hiatus adalah kondisi ketika perut mendorong otot diafragma. Mereka tidak selalu menunjukkan gejala saat ukurannya kecil. Tetapi, pada hernia hiatus yang sudah besar, ini dapat mendorong makanan dan asam kembali ke kerongkongan sehingga muncul sensasi terbakar di dada.

3. Kehamilan

Gangguan pencernaan dan mulas merupakan keluhan yang sering dialami ibu hamil. Ini bisa disebabkan oleh berbagai hal termasuk perubahan hormon dan pertumbuhan bayi mereka. Bayi dapat menambah tekanan pada perut, sementara perubahan hormonal dapat mengganggu sistem pencernaan.

4. Skleroderma

Kebanyakan orang, termasuk Anda mungkin tidak akan mengaitkan skleroderma dengan GERD, karena skleroderma biasanya menyerang kulit. Tetapi, itu menyebabkan tubuh memproduksi kolagen berlebih, yang terkadang disimpan di organ sehingga memengaruhi dinding kerongkongan dan melemahkan katup yang menghubungkannya ke perut. Saat katup berusaha melakukan tugasnya, itu memicu serangan asam lambung.

Di samping faktor risiko ini, ahli kesehatan juga mengidentifikasi kondisi yang memperburuk asam lambung. Pemicu lainnya berbasis gaya hidup dan dapat mencakup makanan dan aktivitas sehari-hari.

Makanan yang terkait dengan penyakit asam lambung yang parah meliputi:

· Minuman beralkohol

· Rempah-rempah

· Cokelat

· Produk jeruk

· Kopi dan kafein

· Tomat

· Permen

Sementara, aktivitas yang dengan penyakit asam lambung yang parah meliputi:

· Makan terlalu cepat

· Olahraga

· Beberapa jenis obat

· Merokok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro