Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gedung Cyber Kebakaran, Ini Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjebak Kebakaran di dalam Gedung

Berikut tips menyelamatkan diri ketika terjadi kebakaran di dalam gedung agar selamat dan tidak panik.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 02 Desember 2021  |  17:45 WIB
Kebakaran terjadi di Gedung Cyber 1, Jalan Kuningan Barat, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis, 2 Desember 2021 / Twitter humasjakfire
Kebakaran terjadi di Gedung Cyber 1, Jalan Kuningan Barat, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis, 2 Desember 2021 / Twitter humasjakfire

Bisnis.com, JAKARTA - Gedung Cyber 1 yang terletak di Kuningan Jakarta Selatan terbakar siang ini.

Ada 2 orang yang meninggal akibat kebakaran tersebut. Sementara satu orang lainnya tak sadarkan diri. Mengutip dari twitter pemadam kebakaran, ada 4 unit pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk menangani kebakaran tersebut.

Jika Anda terjebak dalam kebakaran atau berada dalam sebuah gedung ketika terjadi kebakaran didalam gedung, pasti akan merasa panik dan kesulitan untuk menyelamatkan diri.  Lalu apa yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran didalam gedung.

Berikut tips menyelamatkan diri ketika terjadi kebakaran di dalam gedung dikutip dari pusatkrisis.kemkes.go.id

1. Mengetahui rute penyelamatan

Yang harus diperhatikan pertama kali ketika anda berada didalam sebuah gedung, baik kantor ,hotel atau mall adalah harus mengetahui rute darurat untuk penyelamatan diri ketika terjadi sesuatu. Hal tersebut agar anda bisa menyelamatkan diri ketika terjadi bencana gempa bumi ataupun kebakaran.

2. Menghindari kepanikan

Ketika terjadi musibah tentu kita akan merasa panik, justru kepanikan bisa menjadi berbahaya karena anda tidak bisa fokus untuk menyelamatkan diri. ada baiknya tetap tenang dan mencari jalan keluar ketika terjadi kebakaran. Anda bisa mengakses tangga darurat untuk keluar dari dalam gedung.

3. Gunakan akses menyelematkan diri

Pada dasarnya, konsep proteksi pasik adalah untuk menghambat waktu rambat api. Terutama pada lorong dalam sebuah gedung agar para penghuni gedung bisa mencapai tangga darurat. Biasanya dalam gedung publik keamanan lorong tersebut sudah terjamin. Sehingga bisa dilakukan penyelamatan diri ketika terjadi sesuatu seperti kebakaran.

4. Gunakan tangga darurat

Dalam sebuah gedung biasanya tangga darurat dibuat dengan kontruksi aman. Sebab bagian ini sudah didesain khusus untuk menjadi jalan keluar yang diandalkan dalam keadaan darurat. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan akses ini dan menghindari elevator, serta ruang-ruang tertutup lainnya.
 
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebakaran gedung cyber
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top