Ilustrasi perempuan healing setelah putus cinta/Freepik
Relationship

Cara Menemukan Cinta Lagi Setelah Patah Hati

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 3 Desember 2021 - 22:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah putus cinta, kebanyakan orang akan merasa sedih dan mungkin trauma untuk mendapatkan pasangan lagi.

Meski menyakitkan, putus cinta seharusnya tidak menghentikan langkah Anda mencari kebahagiaan dalam berpasangan.

Teruslah berkencan sampai Anda menemukan orang yang tepat. Jika Anda bingung apa yang harus Anda lakukan setelah putus cinta, berikut tips nya dilansir dari Bolde ;

1. Luangkan waktu

Sebelum terjun kembali ke dunia kencan, luangkan waktu untuk merenungkan hubungan masa lalu Anda. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan karakteristik mantan Anda yang mungkin menyebabkan ketegangan di antara Anda berdua. Misalnya, apakah pasangan Anda suka berdebat sementara Anda membenci konfrontasi? Karena itu, jangan hanya terpaku pada hal-hal negatif renungkan karakteristik positif mantan Anda sehingga Anda dapat mencari individu dengan sifat yang sama.

2. Buat rencana

Segala sesuatu dalam hidup lebih mudah ketika Anda melakukannya dengan rencana, termasuk berkencan. Misalnya, mungkin rencana Anda akan mencakup menunggu tiga kencan untuk menjadi intim. Atau, mengatakan "ya" setidaknya sekali kepada pria yang bukan tipe Anda yang biasa. Seperti yang saya katakan, meski rencana bisa berubah, tetapi memilikinya dapat membuat Anda merasa lebih memegang kendali.

3. Berpikir positif

Menjaga semangat Anda tetap tinggi setelah putus cinta bukanlah hal yang mudah. Itu mungkin sesuatu yang belum bisa Anda lakukan. Jika itu masalahnya, Anda mungkin belum siap untuk berkencan lagi dan tidak apa-apa. Di sisi lain, jika Anda merasa senang karena berpotensi bertemu seseorang yang baru, lakukanlah! Ingatlah bahwa itu tidak akan selalu menjadi sinar matahari dan kupu-kupu. Kencan bisa menjadi mimpi buruk, terlebih lagi setelah mengalami putus cinta. Lakukan yang terbaik untuk tetap positif dengan mengingat tujuan Anda, yaitu menemukan cinta dalam hidup Anda.

4. Jangan bahas mantan

Jika orang yang Anda kencani bertanya tentang hubungan terakhir Anda, jangan menyangkal apa pun, tetapi jangan berbagi terlalu banyak. Orang ini tidak perlu tahu tentang Anda dan kehidupan  mantan Anda atau drama yang mengarah pada perpisahan kalian. Tetap samar-samar dan ubah topik pembicaraan jika Anda bisa daripada masuk ke topik lainnya. Jika Anda mulai menghabiskan lebih banyak waktu bersama dan ini berubah menjadi hubungan baru, lanjutkan dan ungkapkan.

5. Slow down 

Kita semua pernah mendengar cerita tentang orang-orang yang mengakhiri hubungan jangka panjang hanya untuk menemukan cinta dalam hidup mereka satu bulan kemudian. Ini bisa saja terjadi, tapi alangkah lebih baiknya jika Anda lebih mengenal mereka lebih jauh sebelum memutuskan langkah yang lebih serius. Pikirkan berkencan dengan cara yang sama seperti Anda memikirkan proses perekrutan kerja.

6. Tahu apa yang Anda inginkan

Anda harus meluangkan waktu untuk merenungkan hubungan Anda. Salah satu alasannya adalah untuk membantu Anda menyadari apa yang Anda butuhkan pada pasangan Anda selanjutnya. Kita semua bersalah karena mengabaikan tanda bahaya atau membuat alasan untuk perilaku buruk karena kita tidak ingin sendirian. Namun, itu akan menyakiti Anda dalam jangka panjang ketika Anda menikah dengan seseorang yang tidak membuat Anda bahagia. Jadi pilih-pilih. Buat daftar mental karakteristik yang Anda inginkan dan urutkan dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Simpan daftar mental itu bersama Anda saat Anda memasuki dunia kencan.

7.  Jadi diri sendiri

Beberapa dari kita cenderung mengubah siapa diri kita ketika kita berkencan dengan seseorang yang baru. Kami ingin mereka menyukai kami sehingga kami mengadopsi hobi dan karakteristik mereka agar terlihat lebih menarik. Jangan lakukan itu. Pertama, itu tidak akan berhasil (diri sejati Anda akan keluar pada akhirnya). Untuk yang lain, Anda ingin seseorang jatuh cinta dengan siapa Anda - bukan siapa Anda berpura-pura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro