Jenis makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol, misalnya oatmeal, kacang-kacangan, dan apel/Freepik.com
Health

Kolesterol Anda Tinggi ? Tinggalkan Kebiasaan Makan Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 4 Desember 2021 - 09:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang mengetahui risiko yang terkait dengan kolesterol tinggi, termasuk peningkatan risiko stroke, tapi tidak banyak orang tidak tahu cara menurunkan atau mengelola kadarnya, sehingga membuat mereka berisiko stroke cukup tinggi.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, obat-obatan dan olahraga, serta pilihan makanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Jika Anda mencoba mengelola kadar kolesterol Anda melalui pilihan makanan, berikut adalah tujuh kebiasaan makan yang harus dihindari jika Anda memiliki kolesterol tinggi, menurut ahli diet terdaftar seperti dilansir dari Express : 

1. Fokus pada jumlah kolesterol pada label makanan.

Mungkin terdengar intuitif untuk makan makanan rendah kolesterol ketika Anda mencoba untuk mengurangi kadar kolesterol Anda, tetapi menurut Sarah Pflugradt, MS, RDN, CSCS, pemilik Sarah Pflugradt Nutrition. "Tidak ada cukup bukti untuk mendukung bahwa [mengurangi] kolesterol makanan mempengaruhi kolesterol darah." Faktanya, data seputar tautan ini sangat lemah sehingga rekomendasi ini tidak lagi dimasukkan dalam Pedoman Diet untuk Orang Amerika.

Sebagai gantinya, dia menyarankan orang-orang untuk fokus mengurangi lemak jenuh dan meningkatkan asupan serat untuk mengurangi kadar kolesterol.

2. Siklus berat badan dan diet yo-yo.

Menurunkan berat badan, mendapatkan kembali, dan mengulangi pola ini berulang kali dapat memiliki efek buruk pada faktor risiko kardiovaskular, Cara Harbstreet, MS, RD, LD dari Street Smart Nutrition, menjelaskan. "Orang dewasa, terutama wanita, yang siklus beratnya melalui diet cenderung memiliki profil HDL dan LDL yang lebih buruk (bahkan dalam kategori BMI 'normal') menurut data NHANES bila dibandingkan dengan orang dewasa yang tetap stabil berat badannya bahkan pada bobot yang lebih tinggi."

Ikuti rencana pengelolaan berat badan yang berkelanjutan dan menaatinya.

3. Makan daging berlemak.

Ada daging yang dapat menjadi sumber protein, vitamin, dan mineral alami, namun potongan tertentu dapat mengandung sejumlah besar lemak jenuh. Dan ketika lemak jenuh "dikonsumsi secara berlebihan, ini dapat berdampak buruk pada kadar kolesterol," jelas Jinan Banna, PhD, RD.

Jika Anda adalah seorang karnivora, tetap berpegang pada pilihan yang lebih ramping seperti steak sayap adalah pilihan terbaik Anda.

4. Makan makanan yang kaya gula tambahan.

"Makan terlalu banyak gula tambahan dapat menurunkan kolesterol HDL 'baik' Anda," jelas Anya Rosen, MS, RD, LD, CPT. Dari permen hingga kue bahkan gula yang Anda tambahkan ke kopi Anda, bahan ini dapat bertambah sepanjang hari dan dapat memainkan peran negatif pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Pilih buah segar jika Anda membutuhkan rasa manis tanpa tambahan gula.

5. Melewatkan serat dalam diet Anda.

Secara mengejutkan, 95% orang Amerika tidak mengonsumsi serat dalam jumlah yang disarankan, jadi jelas-jelas melewatkan nutrisi ini bukanlah hal yang aneh.

Tetapi melewatkan serat, terutama serat larut, dapat membuat penurunan kolesterol menjadi sulit, jelas Elysia Cartlidge, MAN, RD, menyoroti bahwa varietas larut dapat membantu menurunkan kolesterol "jahat" LDL pada banyak orang.

"Pastikan untuk secara teratur memasukkan makanan seperti gandum, barley, apel, kacang-kacangan, biji rami, dan biji chia untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah serat larut yang cukup untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali," saran Cartlidge.

6. Menghindari makan lemak.

Meskipun makan makanan yang kaya lemak jenuh bukanlah ide terbaik dalam hal manajemen kolesterol, ada lemak lain yang sebenarnya bisa menjadi tambahan penting untuk diet Anda. Makanan yang kaya akan lemak sehat, termasuk kacang-kacangan, alpukat, biji-bijian, dan ikan harus dianjurkan

7. Tidak makan sayuran 

Ibumu tidak salah ketika dia mendorongmu untuk makan sayur setiap hari. Makan makanan yang kaya akan sayuran tertentu, terutama sayuran seperti brokoli dan kembang kol, telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol LDL. Mungkin sebenarnya ada sesuatu dalam tren kembang kol!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro