Ilustrasi hasil tes Covid-19 varian Omicron/The Guardian
Health

Ini Penyebab Mengapa Varian Covid Omicron Sangat Menular

Ni Luh Anggela
Selasa, 28 Desember 2021 - 17:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi pra-cetak yang diterbitkan dalam medRxiv menunjukkan bahwa Omicron mampu menginfeksi sel-sel lebih cepat dan mudah yang mana sesuai dengan penelitian awal yang menunjukkan bahwa protein lonjakan Omicron lebih efektif memasuki sel manusia daripada protein lonjakan Delta atau virus corona asli.

Tetapi, peneliti Wilfredo Garcia-Beltran mengatakan, ada temuan yang mengejutkan, dimana Omicron diketahui empat kali lipat lebih menular bila dibandingkan dengan virus corona asli, dan dua kali lipat lebih menular daripada varian Delta. Demikian dilansir dari Express, Selasa (28/12/2021).

Sementara itu, rekannya di Ragon Institute of Massachusetts General Hospital memberikan peringatan bahwa Omicron lebih menular daripada varian lain yang diuji.

Direktur NIH Anthony Fauci juga menggambarkan hal senada. Penasihat medis Gedung Putih itu mengatakan, Omicron bahkan melampaui varian yang sebelumnya paling menular, termasuk Delta.

Melihat penyebarannya yang begitu cepat, Fauci kahwatir fasilitas kesehatan akan kewalahan menghadapi lonjakan kasus. Hal ini terutama berlaku di daerah dimana terdapat proporsi yang lebih besar dari individu yang tidak divaksin.

Meskipun Omicron 'tampaknya' menyebabkan infeksi yang lebih ringan, penularannya yang begitu tinggi masih sangat mengkhawatirkan.

Karena virus dapat menyebar lebih cepat, lebih banyak orang yang berisiko terinfeksi virus jatuh sakit di saat yang bersamaan, yang tentunya dapat membuat petugas kesehatan kewalahan.

Seperti diberitakan Bisnis sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengumumkan temuan kasus pertama transmisi lokal Covid-19 varian Omicron.

Dengan adanya tambahan kasus ini, total kasus terkonfirmasi Omicron di Indonesia adalah 47 kasus sejak pertama kali dilaporkan pada 16 Desember lalu, dimana 46 kasus adalah kasus import dan 1 kasus transmisi lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro