Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Penyebab Mengapa Varian Covid Omicron Sangat Menular

Penasihat medis Gedung Putih itu mengatakan, Omicron bahkan melampaui varian yang sebelumnya paling menular, termasuk Delta.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  17:32 WIB
Ilustrasi hasil tes Covid-19 varian Omicron - The Guardian
Ilustrasi hasil tes Covid-19 varian Omicron - The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi pra-cetak yang diterbitkan dalam medRxiv menunjukkan bahwa Omicron mampu menginfeksi sel-sel lebih cepat dan mudah yang mana sesuai dengan penelitian awal yang menunjukkan bahwa protein lonjakan Omicron lebih efektif memasuki sel manusia daripada protein lonjakan Delta atau virus corona asli.

Tetapi, peneliti Wilfredo Garcia-Beltran mengatakan, ada temuan yang mengejutkan, dimana Omicron diketahui empat kali lipat lebih menular bila dibandingkan dengan virus corona asli, dan dua kali lipat lebih menular daripada varian Delta. Demikian dilansir dari Express, Selasa (28/12/2021).

Sementara itu, rekannya di Ragon Institute of Massachusetts General Hospital memberikan peringatan bahwa Omicron lebih menular daripada varian lain yang diuji.

Direktur NIH Anthony Fauci juga menggambarkan hal senada. Penasihat medis Gedung Putih itu mengatakan, Omicron bahkan melampaui varian yang sebelumnya paling menular, termasuk Delta.

Melihat penyebarannya yang begitu cepat, Fauci kahwatir fasilitas kesehatan akan kewalahan menghadapi lonjakan kasus. Hal ini terutama berlaku di daerah dimana terdapat proporsi yang lebih besar dari individu yang tidak divaksin.

Meskipun Omicron 'tampaknya' menyebabkan infeksi yang lebih ringan, penularannya yang begitu tinggi masih sangat mengkhawatirkan.

Karena virus dapat menyebar lebih cepat, lebih banyak orang yang berisiko terinfeksi virus jatuh sakit di saat yang bersamaan, yang tentunya dapat membuat petugas kesehatan kewalahan.

Seperti diberitakan Bisnis sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengumumkan temuan kasus pertama transmisi lokal Covid-19 varian Omicron.

Dengan adanya tambahan kasus ini, total kasus terkonfirmasi Omicron di Indonesia adalah 47 kasus sejak pertama kali dilaporkan pada 16 Desember lalu, dimana 46 kasus adalah kasus import dan 1 kasus transmisi lokal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 omicron
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top