Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Anda Ketahui

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan ampas kopi, mulai dari pupuk tanaman, hingga membantu memerangi mata panda Anda.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  18:52 WIB
8 Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Anda Ketahui
Minuman kopi dan lemon yang diklaim bisa menurunkan berat badan - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Selama ini, kita lebih akrab dengan manfaat dari minum secangkir kopi. Dan biasanya, setelah menyeduh segelas kopi, ampas kopi langsung kita buang ke tempat sampah. Tetapi, tahukah Anda ada manfaat yang bisa Anda dapatkan dari ampas kopi?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan ampas kopi, mulai dari pupuk tanaman, hingga membantu memerangi mata panda Anda. Melansir The Healthy, Selasa (28/12/2021), berikut manfaat yang bisa Anda dapat dari ampas kopi.

1. Membuat rambut Anda lebih berkilau dan merangsang pertumbuhan rambut

Mencuci rambut adalah cara terbaik untuk menghilangkan kotoran dan zat-zat dari produk rambut. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba mencuci rambut menggunakan ampas kopi.

Caranya cukup mudah. Oleskan ampas kopi yang diseduh ke kulit kepala Anda dengan ujung jari selama 60 detik, lalu bilas dengan air dingin. Setelah itu, gunakan sampo dan kondisioner seperti biasa.

Dengan perawatan yang rutin, yakni dua kali sebulan, Anda akan mendapatkan rambut yang lebih berkilau, menurut sebuah enelitian di British Journal of Dermatology. Tidak hanya itu, Anda bahkan akan melihat peningkatan pertumbuhan rambut berkat efek stimulasi kafein.

2. Menghilangkan aroma tidak sedap pada kulkas

Anda bisa mencegah bau makanan busuk atau terlalu harum di kulkas dengan ampas kopi. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Hazardous Material, nitrogen dalam ampas kopi membantu menetralisir bau.

Cukup isi toples dengan ampas kopi bekas pakai atau yang masih baru, dan letakkan tanpa penutup di bagian belakang kulkas Anda.

3. Pupuk tanaman

Jika Anda adalah pecinta kopi dan juga tanaman, ini sepertinya kombinasi yang menguntungkan. Pasalnya, ampas kopi bisa Anda gunakan sebagai pengganti pupuk komersial untuk tanaman-tanaman Anda. Selain itu, Anda tidak perlu membeli pupuk karena bisa memanfaatkan ampas kopi setelah menyeduh secangkir kopi.

Penelitian, termasuk penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Management menunjukkan bahwa ampas kopi menyerap logam berat yang mecemari tanah dan air.

4. Scrub

Karena teksturnya yang berpasir, ampas kopi dapat digunakan sebagai scrub yang efektif. Tidak hanya itu, dengan sifat antibakterinya ampas kopi juga cocok dijadikan bahan tambahan sabun buatan sendiri.

5. Melembutkan bibir

Anda juga bisa menjadikannya sebagai scrub bibir. Bila bibir Anda pecah-pecah, campurkan setengah sendok teh ampas kopi dengan setengah sendok teh madu untuk untuk membuat scrub bibir. Gosok perlahan scrub tersebut pada bibir dengan gerakan memutar selama 30 detik, lalu bersihkan dengan waslap basah. Setelah melakukan perawatan bibir di rumah, jangan lupa oleskan lip balm untuk melindungi dan menutrisi bibir Anda.

6. Mengobati lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata

Lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata seringkali terjadi, entah karena genetika, alergi, retensi cairan atau kurang tidur. Ini seringkali menjadi keluhan yang paling umum dijumpai.

Nah untuk mengatasi kantung mata, oleskan ampas kopi yang sudah dingin ke area bawah mata, diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery menunjukkan bahwa gel berbasis kafein membantu mengurangi bengkak di bawah mata dan lingkaran hitam. Sifat anti-inflamasi dalam kafein dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga mengurangi bengkak di bawah mata.

7. Mencerahkan kulit

Anda bisa memanfaatkan ampas kopi sebagai masker untuk mencerahkan kulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Analytical Methods menunjukkan bahwa asam caffeic -- antioksidan dalam kopi -- dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel.

Untuk membuat masker, campurkan 1 sdm bubuk kakao mentah, 1 sdm tanah liat bentonit, 1 sdt ampas kopi segar, dan 1-3 sdm gel lidah buaya (atau air). Kemudian, oles pada wajah dan leher, dan biarkan selama 10-15 menit atau sampai masker mulai mengeras.

Setelah itu, menggunakan air hangat, lepaskan masker dengan gerakan memutar. Lalu, tindak lanjuti dengan toner dan pembersih.

8. Mengurangi munculnya selulit

Sekitar 80 hingga 90 persen wanita memiliki selulit, menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Dermatology. Meskipun tidak ada cara permanen yang bisa memperbaiki selulit, scrub yang dibuat dengan bubuk kopi dapat memberikan hasil yang sementara.

Cukup campurkan garam laut dan ampas kopi secukupnya, tutup dengan minyak almond, 30 tetes minyak esensial jeruk bali dan 10 tetes minyak esensial lemon. Lalu gunakan kuas atau tangan untuk mengoleskannya ke area yang rawan selulit seperti pinggul dan paha.

Studi yang diterbitkan dalam Annals of Dermatology, menunjukkan bahwa kafein mampu merangsang enzim yang memecah lemak, yang mengarah ke pengurangan selulit. Nah menambahkan minyak almond dan garam membantu menghilangkan kulit mati dan mengisi kelembaban pada saat yang bersamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi ampas tebu
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top