Kembang api/youtube
Relationship

7 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru, Ada yang Lempar Roti ke Dinding

Aliftya Amarilisya/Tempo
Kamis, 30 Desember 2021 - 21:40
Bagikan

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Asia dan Eropa

2. Filipina

Di Filipina, tahun baru disambut dengan makan 12 buah yang berbentuk bulat, satu untuk setiap bulan. Buah bulat dipilih karena bentuknya menyerupai koin sekaligus merupakan simbol kemakmuran dan kelimpahan. Adapun buah bulat apa pun dapat dipilih, antara lain jeruk, apel, dan melon.

3. Jepang

Sebelum jam menunjukkan tengah malam, masyarakat Jepang biasanya memanjakan diri dengan semangkuk mie soba atau toshikoshi soba. Kebiasaan itu menunjukkan bahwa penyesalan masa lalu dapat dilepaskan untuk awal yang baru.

Selain itu, masyarakat Jepang juga merayakan joya no kane atau upacara membunyikan lonceng pada malam tahun baru. Ritual ini melibatkan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali dan sebagian besar diadakan di kuil-kuil Buddha.

4. Spanyol

Ketika menunjukkan pukul 12 malam pada 31 Desember, masyarakat Spanyol akan makan 12 buah anggur, satu setiap detik mulai tengah malam. Dengan melakukan itu, masyarakat Spanyol percaya bahwa kebiasaan tersebut akan membantu mereka menyambut tahun baru dengan lebih positif dan 12 bulan berikutnya akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan.

Sementara itu, jika seseorang tidak dapat memakan semua 12 buah anggur dalam waktu 12 detik, maka itu dianggap sebagai pertanda buruk.

5. Denmark

Setiap tahunnya masyarakat Denmark akan mengumpulkan piring-piring yang sudah tidak terpakai sepanjang tahun. Piring-piring itu lalu mereka hancurkan.

Pecahannya kemudian ditinggalkan di depan pintu orang yang dicintai. Masyarakat setempat percaya, pecahan kaca itu akan membawa keberuntungan bagi mereka di tahun mendatang.

6. Irlandia

Masyarakat Irlandia percaya dalam mengusir roh jahat yang mengintai di setiap sudut rumah mereka sebelum mereka memulai tahun baru. Oleh karena itu, mereka mempraktikkan tradisi membanting roti ke dinding rumah mereka. Mereka percaya bahwa ini akan mengusir nasib buruk dan membawa kemakmuran dan keberuntungan.

7. Yunani

Masyarakat Yunani menyambut tahun baru dengan menikmati vasilopita, roti ragi yang manis saat jam menunjukkan pukul 12 malam pada 31 Desember. Fakta menarik tentang roti ini adalah saat membuatnya, di mana ada koin yang ditambahkan ke dalam adonan. Nah, siapa pun yang nanti menemukan koin di dalam potongan roti mereka, maka akan mendapat keberuntungan di tahun baru

Selain itu, masyarakat Yunani juga menggantung bawang di pintu mereka. Praktik ini merupakan simbol pertumbuhan dan "kelahiran kembali" di tahun baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro