Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Chairman Berkshire Hathaway Inc. Warren Buffett (kanan) berjalan bersama Pendiri dan Chairman Microsoft Corp. Bill Gates (kiri) di Allen & Co. Media and Technology Conference di Sun Valley, Idaho, AS, Kamis (12/7/2012). - Bloomberg/David Paul Morris
Lihat Foto
Premium

Rekomendasi Bacaan Menyambut 2022 dari Orang Terkaya Dunia Bill Gates

Dari lima buku bacaan yang direkomendasikan bos Microsoft Bill Gates, sebanyak tiga diantaranya bertema fiksi.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
31 Desember 2021 | 13:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kegemaran Bill Gates berbagi dengan orang lain bukan cuma perkara harta. Sosok pendiri Microsoft tersebut juga senang berbagi rekomendasi buku favoritnya setiap akhir tahun.

Bill Gates salah satu sosok yang konsisten untuk selalu membaca. Bahkan di masa-masa paling sibuk dalam hidupnya, dia tetap membaca rata-rata 50 buku per tahun, atau sekitar 1 buku setiap pekan. Gates juga selalu menyelesaikan bacaannya sampai halaman terakhir.

“Saya pantang berhenti membaca sebuah buku di tengah-tengah, bahkan meski saya mulai tidak menyukai isinya. Dan semakin saya tidak menyukai suatu buku, justru semakin lama saya membacanya untuk membuat catatan komentar,” kata Gates dalam sebuah wawancara dengan Time, bertahun lalu. 

Sejak beranjak dewasa, Gates mengakui bahwa saban hari buku-buku yang dia baca semakin bertema ilmiah dan serius. Padahal, sewaktu kecil, Gates menyebut bahwa fiksi-lah dunia yang justru menyeretnya untuk menjadi seorang pembaca ulung.

Refleksi itu pula yang membuatnya mulai melakukan introspeksi, dan sedikit mengubah daftar bacaannya di tahun ini. Sepanjang 2021, Gates mulai kembali lebih banyak melirik buku-buku fiksi khususnya novel. Meskipun, dia juga tetap menambah referensi bacaannya di bidang ilmiah khususnya seputar perubahan iklim dan artificial intelligence (AI).

“Belakangan, saya mendapati bahwa diri saya mulai tertarik mundur untuk kembali membaca buku-buku dengan tema yang saya sukai sewaktu anak-anak,” kata Gates dalam tulisan di blog pribadinya belum lama ini.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top