Kulit awet muda
Fashion

4 Kiat Mudah Kencangkan Kulit, Tanpa Operasi dan Perawatan Mahal

Ni Luh Anggela
Jumat, 31 Desember 2021 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami kehilangan elastisitasnya. Ini merupakan hal yang normal dan tak bisa dihindari. Akan tetapi, ada faktor lain yang bisa menyebabkan kulit Anda terlihat sangat berbeda.

Dokter kulit bersertifikat Barry Goldman menyebutkan ada dua istilah berbeda untuk menggambarkan penuaan kulit, yaitu intrinsik dan ekstrinsik.

Penuaan intrinsik, terjadi pada semua orang dan mengacu pada kerusakan bertahap dari kolagen dan serat elastis yang menahan kulit Anda. Sedangkan penuaan ekstrinsik mengacu pada kekuatan eksternal yang bisa kita kendalikan, seperti sinar ultraviolet yang dapat mempercepat kerusakan kolagen dan serat elastis.

Untuk mengurangi masalah kulit kendur, ada empat kiat sederhana yang bisa Anda lakukan tanpa perlu operasi atau perawatan mahal, melansir She Finds, Jumat (31/12/2021).

1. Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari dan gunakan tabir surya setiap harinya

Kiat pertama dari dokter kosmetik dan ahli perawatan kulit Stanley Kovak adalah menghindari sinar matahari jika memungkinkan. Ini bukan berarti Anda harus mengurung diri atau benar-benar menghindarinya, karena bagaimana pun kita membutuhkan sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D.

Kovak juga menyarankan untuk menggunakan tabir surya di wajah Anda setiap harinya untuk mencegah kerusakan parah yang disebabkan oleh sinar matahari. Ini setidaknya dapat melindungi kulit dari kerusakan seperti keratosis aktinik dan mengurangi potensi kanker kulit.

2. Berhenti merokok

Bila Anda adalah seorang perokok, cobalah untuk berhenti karena merokok dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini pada jaringan, yang akan muncul seperti kerutan, kulit kering dan kasar, kendur dan gejala lainnya.

Dengan berhenti merokok, Anda tidak hanya menghentikan kerusakan pada kulit, tetapi juga menghentikkan efek negatif lain dari merokok, seperti stroke, penyakit jantung koroner, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

3. Batasi asupan alkohol

Menurut Kovak, minum alkohol sebetulnya tidak merugikan jika tidak diminum secara berlebihan. Dengan mengontrol asupan alkohol, ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

"Asupan alkohol yang berlebihan dapat mempercepat penuaan jaringan," kata Kovak.

Ini juga akan mengarah pada gejala seperti kulit kendur, kusam kering, dan gejala lainnya, serta dapat memicu berbagai penyakit seperti stroke, tekanan darah tinggi, sistem kekebalan yang melemah hingga gangguan mental.

4. Konsisten merawat kulit pagi dan malam

Rutinitas yang dilakukan secara konsisten sangat membantu kulit yang kendur. Semakin Anda melindungi kulit Anda, semakin lama Anda dapat menjaga kesehatan kulit Anda, yang bisa mengurangi stres, kecemasan, hingga depresi.

Berkonsultasi dengan dokter dan dokter kulit Anda merupakan cara yang bagus untuk mulai memilih produk yang bagus untuk kulit Anda. Membersihkan dan mencuci muka, menggunakan pelembab, tabir surya dan serum vitamin C adalah langkah di pagi hari untuk merawat kulit. Kemudian untuk perawatan di malam hari, bersihkan wajah Anda dari make up, gunakan pelembab dan asam hialuronat.

Retinol bisa menjadi tambahan rutinitas di malam hari, yang bisa menenangkan kulit yang kendur, menghilangkan garis-garis halus dan merangsang kolagen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro