Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berapa Lama Gejala Omicron Muncul di Tubuh? Ini Penjelasannya!

Berapa lama gejala Omicron muncul di tubuh setelah terinfeksi? Simak Penjelasan selengkapnya!
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 04 Januari 2022  |  21:24 WIB
Ilustrasi perempuan yang mengalami gejala varian Omicron - Parade
Ilustrasi perempuan yang mengalami gejala varian Omicron - Parade

Bisnis.com, JAKARTA - Ahli kesehatan meyakini gejala Omicron lebih ringan daripada gejala yang ditimbulkan varian Delta. Namun, berapa lama gejala Omicron muncul di tubuh?

Meningkatnya kasus Covid-19 di berbagai negara di duia telah menimbulkan ketakutan dan kepanikan masyarakat, khususnya terkait gelombang ketiga virus Corona.

Namun, terlalu dini untuk mengatakan apa pun tentang komplikasi yang terkait dengan infeksi Omicron dan efektivitas vaksin karena jenisnya relatif baru dan tidak banyak data tersedia tentang varian baru tersebut.

Lantas, berapa lama gejala varian Omicron muncul di tubuh kita?

Ketika terinfeksi dengan varian Omicron, individu tersebut mengalami gejala yang kurang lebih sama seperti yang terlihat ketika terinfeksi dengan strain asli.

Dilansir dari Times of India pada Selasa (4/1/2022), beberapa gejala pertama Omicron adalah demam ringan, kelelahan, tenggorokan gatal dan nyeri tubuh.

Hilangnya penciuman dan rasa atau anosmia, yang merupakan penyakit umum selama infeksi varian Delta tidak terlihat pada orang yang terinfeksi Omicron.

Sejauh komplikasi pasca-infeksi dari varian baru yang menjadi perhatian, tidak ada informasi tentang hal ini tersedia sampai sekarang.

Para peneliti masih berusaha mengumpulkan lebih banyak data tentang jenis baru yang berasal dari Afrika Selatan lebih dari sebulan yang lalu.

Dengan pelonggaran aturan, pergerakan orang kembali dimulai di seluruh negeri. Namun, Anda berisiko tertular jika rutin keluar rumah dan tidak mengikuti protokol kesehatan dengan disiplin.

Setelah terinfeksi Covid-19, seseorang mungkin mulai menunjukkan gejala dalam lima hingga enam hari. Dalam beberapa kasus, mungkin diperlukan waktu 14 hari.

Namun, orang yang sakit mulai menginfeksi orang lain sekitar dua hari sebelum timbulnya gejala dan hingga 10 hari setelahnya. Bahkan dalam kasus Omicron, gejalanya dapat muncul kapan saja antara 3 dan 14 hari infeksi.

Seperti diberitakan sebelumnya, gejala Omicron tidak muncul lebih cepat dibandingkan varian lainnya. Jika Anda pernah melakukan kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, segera isolasi diri. Jauhi orang lain setidaknya selama 10 hari untuk mengurangi risiko infeksi varian Omicron.

Sementara itu, segera lakukan tes PCR. Bahkan jika Anda sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 atau telah mengikuti semua protokol kesehatan, isolasi sangat penting untuk melindungi orang yang Anda cintai dari risiko infeksi.

Lebih lanjut, jika Anda menyaksikan gejala-gejala yang terkait dengan Covid-19 selama masa isolasi, hubungi dokter Anda dan Satgas Covid-19 untuk mengetahui tindakan lebih lanjut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19 gejala covid-19 omicron
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top