Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Air Fryer? Simak Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Beli!

Apa itu Fryer? Bagaimana cara kerjanya? Simak kelebihan dan kekurangan Air Fryer sebelum Anda beli.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 21 Januari 2022  |  18:43 WIB
Apa Itu Air Fryer? Simak Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Beli!
Ilustrasi Air Fryer - Philips
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peralatan dapur dengan teknologi yang canggih membuat hidup menjadi mudah. Salah satu alat yang dapat membuat Anda memasak dengan praktis dan tanpa minyak goreng, yaitu Air Fryer.

Popularitas Air Fryer terus meningkat seiring dengan banyaknya masyarakat yang mulai menerapkan gaya hidup sehat, khususnya terkait konsumsi makan. Seperti diketahui, makanan yang dimasak dengan metode menggoreng atau deep fried memiliki cita rasa lebih enak dan gurih. Sayangnya, penggunaan minyak goreng yang berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. 

Jika Anda adalah penggemar makanan yang digoreng, dipanggang, atau dipanggang maka Air Fryer bisa menjadi solusi memasak yang lebih sehat. Bagi Anda yang ingin membeli Air Fryer, maka Anda perlu mempertimbangkan sejumlah kekurangan dan kelebihan, seperti yang dilansir dari Times of India, Jumat (21/1/2022).

Apa itu Air Fryer dan bagaimana cara kerjanya?

Pada dasarnya Air Fryer adalah sebuah alat yang bekerja, seperti oven konveksi yang memasak makanan di udara panas sehingga membuat makanan dapat renyah tanpa menggunakan minyak. Alat ini menjadi populer di kalangan pengamat berat badan dan pemerhati kesehatan, tetapi bagaimana cara kerjanya?

Air Fryer menggunakan kipas sebagai mekanisme pemanas yang memasak makanan di udara panas dalam nampan. Pergerakan udara yang cepat dapat memasak makanan sampai ke dalam sehingga membuat Air Fryer jauh lebih baik daripada oven konveksi. Udara panas yang dihasilkan dapat mengurangi waktu memasak dan membuat makanan menjadi lebih renyah.

Apa yang bisa Anda masak dengan Air Fryer?

Tidak seperti namanya, alat dapur pintar ini tidak hanya dapat menggoreng makanan favorit Anda dengan udara, tetapi juga dapat memasak steak, memanggang ikan dan daging, memasak semua jenis kue, dan makanan lain sebagainya. Hal ini menjadikannya perangkat yang sempurna bagi Anda penggemar kuliner atau ingin efisin waktu masak.

Kelebihan dari Air Fryer

1. Simpel dan mudah dibersihkan

Air Fryer adalah alat kecil yang ringkas sehingga dapat dengan mudah ditempatkan di mana saja dibandingkan dengan oven konveksi yang besar. Selain itu, Air Fryer sangat mudah dibersihkan karena penggunaan minyak yang sedikit bahkan hampir tidak ada. Sementara itu, nampan yang dapat dilepas membuatnya sangat mudah untuk dicuci dan digunakan.

2. Membuat makanan menjadi lebih sehat

Air Fryer dapat memasak makanan tanpa menggunakan minyak. Hal ini sangat bagus untuk pengamat berat badan dan pemerhati kesehatan karena Anda dapat memasukkan sayuran, daging, atau ikan favorit Anda dan memasaknya tanpa menggunakan minyak. Selain itu, Anda bisa mendapatkan tekstur makanan yang diinginkan tanpa menggunakan minyak.

3. Tidak ada radiasi

Air Fryer memiliki radiasi nol dibandingkan dengan oven konveksi karena pemanasan dilakukan dengan sirkulasi udara super panas. Selain itu, alat canggih ini mati secara otomatis ketika penghitung waktu berakhir sehingga mencegah makanan terlalu matang.

Kekurangan dari Air Fryer

1. Tidak terlalu efektif dan boros energi

Air Fryer dapat bekerja dengan baik, jika Anda mencari makanan yang lebih sehat tanpa menggunakan minyak. Namun, perangkat kecil ini tidak begitu terjangkau dan mungkin bukan ide yang bagus untuk memasak dalam jumlah besar.

Jadi, jika Anda memiliki keluarga besar dan ingin memasak dalam jumlah banyak, alat ini mungkin bukan yang terbaik untuk Anda. Selain itu, harga dari Air Fryer tidak terlalu ramah di kantong.

2. Makanan tidak lembap

Proses Air Frying dilakukan dengan udara panas yang mengekstrak kelembaban dari makanan sehingga biasanya membuat makanan menjadi kering dan kelembabannya berkurang. Beberapa kasus, makanan dapat menempel hingga terbakar pada nampan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak goreng peralatan dapur makanan sehat memasak
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top