Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Health

Benarkah Radiasi 5G Bisa Bikin Flu ? Ini Faktanya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 17 Februari 2022 - 19:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa radiasi 5G menyebabkan gejala mirip flu.

Unggahan tersebut muncul saat perusahaan telekomikasi meluncurkan teknologi 5G di seluruh Amerika Serikat dan saat negara tersebut menghadapi Covid-19 yang dapat menyebabkan gejala yang sama seperti flu.

Setelah ditelusuri, mengutip covid19.go.id, informasi tersebut salah.

Faktanya, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS di halaman web berjudul “Bukti Ilmiah untuk Keamanan Ponsel” mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang konsisten atau kredibel tentang masalah kesehatan yang disebabkan oleh paparan energi frekuensi yang dipancarkan oleh ponsel.

Selain itu, Marvin Ziskin, profesor radiologi dan fisika medis di Temple University School of Medicine di Philadelphia, Pennsylvania, menyebut klaim media sosial sebagai informasi palsu yang dimaksudkan untuk menakut-nakuti orang dan tanpa pembenaran ilmiah.

“Influenza, yang biasa disebut flu, disebabkan oleh virus. Namun, gejala mirip flu bisa disebabkan oleh virus dan bakteri. Baik virus maupun bakteri tidak dapat melakukan perjalanan pada transmisi 5G,” katanya.

Dengan demikian, klaim radiasi 5G dapat menyebabkan gelaja mirip flu adalah informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro