Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Ini, 60 Tahun Lalu John Glenn, Jadi Manusia Pertama Mengorbit Bumi

Nama John Glenn mungkin tidak terlalu dikenal oleh banyak orang karena, namun dirinya menjadi astronot pertama yang berhasil melakukan penerbangan tersebut. Dia mengorbit luar angkasa dalam program Friendship 7 yang bertolak ke luar angkasa pada 20 Februari 1962.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 20 Februari 2022  |  12:24 WIB
John Glenn - NASA
John Glenn - NASA

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa orang mungkin mengenal Neil Amstrong sebagai orang dari bumi pertama yang sampai dan mendarat di Bulan. Namun, ada seseorang bernama John Glenn menjadi manusia pertama yang berhasil mengorbit bumi di luar angkasa

Nama John Glenn mungkin tidak terlalu dikenal oleh banyak orang karena, namun dirinya menjadi astronot pertama yang berhasil melakukan penerbangan tersebut. Dia mengorbit luar angkasa dalam program Friendship 7 yang bertolak ke luar angkasa pada 20 Februari 1962.

Lalu, siapa sebenarnya John Glenn ini?

Dilansir dari website NASA pada Minggu (20/2/22), lekaki dengan nama lengkap John Herschel Glenn Jr. ini lahir 18 Juli 1921, di Cambridge, Ohio.

Sebelum menjadi astronot dan pergi keluar angkasa, Glenn memasuki Program Kadet Penerbangan Angkatan Laut pada Maret 1942. Dia lulus dan ditugaskan di Korps Marinir pada tahun 1943.

Setelah pelatihan lanjutan, dia bergabung dengan Skuadron Tempur Marinir 155 dan menghabiskan satu tahun menerbangkan pesawat tempur F-4U di Kepulauan Marshall. Dia menerbangkan 59 misi tempur selama Perang Dunia II.

Setelah perang, dia adalah anggota Skuadron Tempur Laut 218 pada patroli Cina Utara dan bertugas di Guam. Lalu, Glenn bersekolah di Test Pilot School di Naval Air Test Center, Patuxent River, Md. Setelah lulus, ia menjadi project officer di sejumlah pesawat.

Pada Juli 1957, saat dia menjadi Project Officer F-8U Crusader, dia membuat rekor kecepatan lintas benua dari Los Angeles ke New York dengan waktu 3 jam 23 menit. Itu adalah penerbangan lintas benua pertama dengan kecepatan supersonik rata-rata.

Lalu, setelah mengumpulkan hampir 9.000 jam waktu terbang, sekitar 3.000 di antaranya dalam jet dirinya terpilih sebagai astronot Mercury, Glenn ditugaskan ke NASA Space Task Group di Langley, Va., pada April 1959.

Kisah panjang ini berujung dengan penerbangan pertama yang dilakukan oleh Glenn sebagai pilot utama pada 20 Februari 1962 dengan Friendship 7 selama 4 jam 55 menit dan membuat dirinya menjadi astornot Amerika pertama yang mengorbit ke luar angkasa.

Setelah dari penerbangan tersbut, Glenn masih bercimpung di dunia perbangan Amerika Serikat. Lalu, Glenn mengundurkan diri sebagai astronot pada 16 Januari 1964. Ia dipromosikan menjadi kolonel pada Oktober 1964 dan pensiun dari Korps Marinir pada 1 Januari 1965.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasa Astronot Sejarah Hari Ini
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top