Pengacara Hotman Paris saat perayaan ulang tahun ke-61, Rabu (20/10/2021)./Instagram @hotmanparisofficial
Entertainment

Hotman Paris 'Tantang' Debat Terbuka Menaker Bahas JHT

Mia Chitra Dinisari
Senin, 21 Februari 2022 - 09:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengacara Hotman Paris mengajak Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah debat terbuka terkait kebijakan Permenaker No.2 Tahun 2022 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua.

Di akun instagramnya, dia mengunggah video yang "menantang" Menaker untuk membahas aturan tersebut.

Sebelumnya, Hotman juga sudah menyatakan bahwa kebijakan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah soal pembatasan Jaminan Hari Tua (JHT) hanya boleh dicairkan pada umur 56 tahun tidak berkeadilan dalam kondisi tertentu.

Menurut Hotman, kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permnaker) Nomor 2 Tahun 2022 ini tidak relevan apabila seorang buruh atau pekerja pensiun dini atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di usia menjelang tua.

"Buruh setiap bulan gajinya sudah 2 persen dipotong, ditambah 3,5 persen dari pemberi kerja. Misalnya dia di-PHK umur 32, dia harus menunggu puluhan tahun untuk mencairkan uangnya sendiri. Di mana keadilannya, bu? Itu kan uang dia," ujar Hotman dalam media sosial resminya, dikutip dari Bisnis Jumat (18/2/2022).

Dalam video yang diunggah di akun instagramnya itu, Hotman mengatakan tidak setuju dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Menaker terkait pencairan JHT tersebut.

Menurutnya, ajakan debat ini karena dirinya membela kepentingan pekerja, dan dia menyatakan tidak memiliki unsur politis di dalamnya, karena dirinya tidak berminat menjadi menteri.

"Hotman paris menantang debat terbuka ibu mentri tenaga kerja , aspri saya Loli dapat dihubungi setiap waktu oleh staff kementrian tenaga kerja," tulisnya.

Berikut pernyataan lengkap Hotman Paris di akun instagramnya.

Saya Hotman Paris dengan ini menyatakan Hotman Paris adalah pendukung setia dari Bapak Jokowi, Hotman Paris mendukung Jokowi sebagai Presiden RI

Tapi kali ini khusus untuk Menaker saya tidak setuju dikeluarkannya Permen no.2 tahun 2022 yang menyatakan bahwa jaminan hari tua JHT hanya bisa dicairkan usia 56 tahun meskipun saat usia muda sudah di PHK

Maka dengan ini, Kalau benar menaker bertanggung jawab atas isi peraturan tersebut, saya menantang debat terbuka dimanapun ibu Menaker untuk membahas peraturan menaker no.2 tahun 2022 tersebut

Ini saya lakukan demi kepentingan pekerja, tidak ada bisnis politik saya tidak tertarik jadi menteri.

Murni hanya saya melihat ada logika apapun di peraturan tersebut.

Ibu menteri kapan kita berdebat terbuka, ibu menaker hotman menunggu jawabannya.

Salam Hotman Paris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro