Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Racun Paling Mematikan di Dunia

Berikut berbagai racun yang mematikan, dilansir dari Value Walk
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 16 Maret 2022  |  20:20 WIB
Ilustrasi perempuan mengalami keracunan akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin dan suplemen - Freepik
Ilustrasi perempuan mengalami keracunan akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin dan suplemen - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Banyak racun yang mematikan di dunia. Mata-mata, pembunuh politik, diktator dan lain-lain telah menggunakan mereka untuk membunuh musuh mereka selama beberapa dekade.

Anda harus selalu menjaga jarak dan menghindari berbagai racun tersebut.

Berikut berbagai racun yang mematikan, dilansir dari Value Walk:

1. Polonium

Polonium adalah racun paling mematikan di luar sana. Dikatakan 250.000 kali lebih beracun daripada hidrogen sianida. Hanya tujuh triliun gram polonium sudah cukup untuk membunuh setiap orang dewasa. Satu gram polonium bisa membunuh 10 juta orang. Termasuk elemen radioaktif, jadi hanya pemerintah tertentu yang mendapatkan racun ini.

2. Toksin botulinum

Toksin ini dihasilkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Hanya beberapa nanogram yang cukup untuk membunuh orang dewasa. Ini menyebabkan kelumpuhan otot dan saraf dengan mencegah pelepasan neurotransmitter asetilkolin.

3. Ricin

Ricin adalah racun mematikan yang diekstrak dari biji jarak. Hanya beberapa miligram Ricin sudah cukup untuk menghentikan produksi protein dalam tubuh korban dan membunuh mereka. Setelah produksi protein berhenti, semua organ penting seperti ginjal, hati, dan sistem saraf pusat mulai gagal, menyebabkan kematian akibat kegagalan banyak organ.

4. VX

VX adalah agen saraf sintetis. Awalnya akan digunakan untuk insektisida, tetapi ahli kimia menganggapnya terlalu kuat untuk penggunaan pertanian. Hanya 0,4mg zat saraf ini sudah cukup untuk membunuh orang dewasa yang sehat.

5. Batrachotoxin (BTX)

Batrachotoxin adalah neurotoxin yang sangat kuat, tetapi tidak mudah tersedia kecuali Anda tinggal di hutan hujan tropis. Ini adalah alkaloid steroid yang ditemukan pada kulit katak panah beracun. Ini sangat kuat sehingga hanya 0,2 g Batrachotoxin sudah cukup untuk membunuh manusia. Ini mengacaukan fungsi saluran natrium korban di sel-sel otot dan saraf, mengakibatkan kelumpuhan cepat dan kematian.

6. Maitotoxin

Maitotoxin adalah salah satu racun laut yang paling ampuh. Ini diproduksi oleh Gambierdiscus toxicus, spesies dinoflagellata. Ini meningkatkan aliran ion kalsium melalui membran otot jantung, yang menyebabkan gagal jantung. Kurang dari satu nanogram racun ini cukup untuk membunuh seekor tikus.

7. Strychnine

Strychnine ditemukan dalam biji pohon Strychnos nux-vomica, yang tumbuh terutama di daerah tropis. Ini adalah racun saraf yang menyerang sistem saraf pusat, menyebabkan hampir semua otot di tubuh korban meliuk dan mengejang. Korban meninggal dalam waktu 2-3 jam.

8. Sianida

Sianida adalah salah satu racun paling terkenal dan paling mematikan di dunia. Datang dalam bentuk gas (hidrogen sianida) dan bentuk bubuk (kalium sianida). Dosis kecil sianida dapat membunuh orang dalam hitungan menit dengan mengikat molekul besi dalam darah dan mencegah mereka membawa oksigen ke sel individu.

9. Tetradotoxin (TTX)

Tetradotoxin adalah salah satu neurotoksin paling kuat di luar sana. Ini ditemukan dalam ikan buntal yang digunakan untuk menyiapkan fugu, makanan lezat Jepang. Kelezatannya bisa mematikan jika Anda tidak mempersiapkannya dengan benar, Anda harus membuang organ yang mengandung racun dengan hati-hati dan menyeluruh.

10.  Brodifacoum

Brodifacoum adalah antikoagulan yang sangat mematikan. Saat ini banyak digunakan sebagai pestisida dan rodentisida. Diperkenalkan pada tahun 1975, ia bekerja dengan mengurangi kadar vitamin K dalam darah, yang menyebabkan pendarahan internal dan kematian. Meskipun sebagian besar digunakan untuk membunuh tikus dan hama lainnya, manusia dan hewan peliharaan tidak aman darinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

beracun racun keracunan Bahan Beracun bahan berbahaya beracun Cabai Beracun
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top