Logo World Health Organization (WHO) / www.who.int
Health

WHO Ungkap 2 Cara untuk Mengakhiri Pandemi Covid Tahun Ini

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 April 2022 - 10:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menegaskan bahwa tahap akut COVID dapat berakhir tahun ini jika cakupan vaksinasi dapat ditingkatkan dan pada saat yang sama, tindakan diambil untuk menghentikan penyebaran.

Maria Van Kerkhove dari WHO mengatakan mereka percaya dapat mengakhiri keadaan darurat Covid pada akhir tahun ini.

"Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan cakupan vaksinasi dan meningkatkan akses ke alat penyelamat jiwa dan pada saat yang sama mengambil tindakan untuk mengurangi penyebaran. Kita tidak bisa melupakan kemungkinan lebih banyak varian dan semua skenario masa depan tentang bagaimana pandemi dapat terungkap," ujarnya dilansir dari Mint.

Dia mengatakan kondisi pasca-Covid perlu diperhatikan, dan kita masih mempelajarinya. Mereka mengumpulkan data dari studi dan WHO sedang mempelajari pengaruhnya terhadap jantung, paru-paru, otak, dan bagian tubuh lainnya, tambahnya tentang Covid panjang.

Awal pekan ini, WHO juga menunjukkan bahwa dengan virus yang masih beredar, risiko munculnya varian yang lebih mematikan masih tetap ada.

WHO memperingatkan bahwa dengan mendekatnya musim dingin di negara-negara Belahan Bumi Selatan, "ada risiko tinggi gelombang lain infeksi COVID baru." Virus corona menyebar lebih mudah pada suhu yang lebih dingin ketika orang lebih cenderung berkumpul dalam jumlah yang lebih besar di dalam ruangan.

“Dengan virus yang masih beredar, risiko munculnya varian baru dan berpotensi lebih mematikan tetap ada, dan langkah-langkah pengendalian pandemi sangat penting untuk respons yang efektif terhadap lonjakan infeksi,” kata Dr. Matshidiso Moeti, direktur WHO di Afrika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro