Buah Apel. /Bisnis.com-Janlika
Health

Ini Buah dengan Sumber Energi Tertinggi

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 27 April 2022 - 10:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama puasa, Anda kehilangan energi karena tidak makan dan minum selama belasan jam.

Karena itu, penting untuk memastikan asupan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka, agar selama melakukan aktivitas tetap berenergi.

Pasokan energi dari makanan memungkinkan tubuh Anda untuk melakukan sejumlah hal penting untuk kelangsungan hidupnya, termasuk melanjutkan fungsi penting tubuh dan membantu aktivitas fisik dan gerakan.

Makanan dan minuman tertentu juga dapat memainkan peran penting dalam memastikan Anda memiliki motivasi yang cukup sepanjang hari Anda.

Menurut Molly Hembree, MS, RD, LD, koordinator ahli gizi ritel untuk Kroger, dan anggota Dewan Pakar Medis makanan terbaik untuk memberi Anda energi adalah buah.

Dia menjelaskan alasannya karena buah-buahan mengandung karbohidrat, sejenis makronutrien yang ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu termasuk serat, pati, dan gula.

Seperti yang dinyatakan oleh Cleveland Clinic, karbohidrat adalah nutrisi makanan penting yang dipecah oleh sistem pencernaan Anda menjadi glukosa untuk memberi Anda energi agar berfungsi. Aliran darah Anda menyerap glukosa dan menggunakannya sebagai energi untuk bahan bakar tubuh Anda.

"Karbohidrat adalah sumber bahan bakar yang disukai tubuh dari makanan," kata Hembree. "Gula, sejenis karbohidrat, secara khusus mengirimkan energi cepat ke sel-sel kita. Daripada beralih ke permen atau permen, manfaatkan kekuatan gula dari buah." katanya dilansir dari Eat This.

Hembree menyarankan bahwa salah satu buah yang bagus untuk meningkatkan energi adalah apel berukuran sedang. Apel juga mudah bagi mereka yang sedang bepergian dan mencari makanan cepat saji.

Apel penuh dengan manfaat, menjadikannya buah yang bagus untuk dimasukkan ke dalam kebiasaan makan Anda. Ini bagus untuk usus Anda, membantu menurunkan berat badan, membantu peradangan, dan meningkatkan kekebalan Anda.

Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, satu porsi (setara dengan apel ukuran sedang) mengandung sekitar 95 kalori. Ini juga mengandung nol gram lemak, 1 gram protein, 25 gram karbohidrat, 19 gram gula alami, dan 3 gram serat. Apel adalah sumber serat yang baik dan tidak larut—serat yang larut dalam air dalam tubuh dan serat yang tidak larut dalam air.

Apel juga mengandung satu ton vitamin C, bagian yang berguna dalam mengendalikan infeksi dan menyembuhkan luka, serta antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas berbahaya.

Alasan mengapa apel memberi Anda energi setelah dikonsumsi adalah karena banyaknya gula yang dikandung apel berukuran sedang. Apel mengandung jenis gula sederhana alami yang disebut fruktosa. Fruktosa bertindak sebagai sumber energi langsung bagi tubuh Anda.

Gula dan banyak serat dalam apel dapat membantu menyeimbangkan gula darah Anda dan memberi Anda energi berkelanjutan tanpa gangguan gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro