Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisa Menjadi Penyebab Kecelakaan, Begini Cara Mencegah Mircrosleep Saat Mudik Lebaran

Untuk kalian para pemudik terutama menggunakan kendaraan pribadi tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari kondisi kendaraan maupun kondisi tubuh dari pemudik itu sendiri.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 27 April 2022  |  19:21 WIB
Bisa Menjadi Penyebab Kecelakaan, Begini Cara Mencegah Mircrosleep Saat Mudik Lebaran
Ilustrasi menyetir -

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun Ini pemerintah Indonesia mengizinkan masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing, lebaran tahun ini pasti akan terasa berbeda bahkan lebih spesial dari tahun-tahun sebelumnya, pasalnya dua tahun lalu pemerintah melarang masyarakat melakukan mudik demi memutus mata rantai covid-19

Untuk kalian para pemudik terutama menggunakan kendaraan pribadi tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari kondisi kendaraan maupun kondisi tubuh dari pemudik itu sendiri.

Masyarakat yang hendak mudik untuk waspada dengan gangguan berkendara seperti microsleep. Diketahui, fenomena microsleep merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan.

Microsleep adalah kondisi kelelahan luar biasa pada tubuh yang menyebabkan tertidur secara singkat dan tiba-tiba dalam waktu sekian detik, kondisi ini dapat berulang meski sudah beristirahat dalam beberapa menit. Fenomena ini tidak hanya terjadi saat mata terpejam, tetapi juga bisa terjadi dengan kondisi mata terbuka.

Berikut ini penyebab mengalami microsleep dan cara mencegahnya sebagaimana dikutip dari Healthline.

Mengalami gangguan tidur

Jika Anda memiliki riwayat gangguan tidur seperti insomnia atau apnea tidur, kondisi tersebut lebih berisiko terserang microsleep saat beraktivitas.

Hal tersebut dipengaruhi oleh penurunan kualitas dan kuantitas waktu tidur yang bisa menyebabkan penurunan kerja otak pada siang hari.

Jam tidur tidak maksimal

Bagi Anda yang sering tidur malam kurang dari enam jam, kondisi tersebut dapat menyebabkan Anda memiliki waktu tidur yang kurang.

Waktu tidur yang kurang dapat memengaruhi tingkat produktivitas Anda, sehingga dapat meningkatkan risiko mengalami microsleep sewaktu-waktu.

Guna menghindari terjadinya microsleep saat berkendara,lakukan cara berikut ini

Mengonsumsi kopi

Jika Anda kurang tidur tidak ada salahnya mengonsumsi kopi,. Namun perlu diingat, bahwa kafein pada kopi butuh waktu 30 menit untuk dapat bereaksi pada tubuh.

Itu membuat Anda tetap bisa melakukan aktivitas agar tetap terjaga seperti mengobrol saat berkendara.

Istirahat cukup

Waktu tidur yang cukup berkisar antara tujuh hingga sembilan jam sehari. Tidur cukup dapat membuat pikiran dan badan menjadi lebih segar. Anda pun bisa terhindar dari microsleep

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur Mudik Lebaran
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top